Jubing Kristianto

LAZONE.ID - Bro, Kalau loe pencinta gitar loe pasti akrab dengan nama Jubing Kristianto, salah satu gitaris andal Indonesia yang punya teknik Fingerstyle.

Bro, Kalau loe pencinta gitar loe pasti akrab dengan nama Jubing Kristianto, salah satu gitaris andal Indonesia yang punya teknik Fingerstyle.

Jubing Kristianto salah satu gitaris Indonesia andal dengan permainan teknik fingerstylenya. Gaya main gitarnya menggunakan petikan gitar sangat enak dinikmati.

Pria kelahiran 9 April 1966 ini sejak kecil memang sudah dididik mencintai gitar oleh orantuanya. Terbukti sejak SMP sudah dimsukkan kursus gitar oleh kedua orang tuanya. Jubing memulai keahliannya main gitar dengan mengikuti kompetisi. Salah satunya, doi adalah pemenang 4 kali berturut-turut kejuaraan Yamaha Festifal Gitar Indonesia (YFGI) untuk kelas bebas atau non klasik, yaitu pada 1987,1992, 1994 dan 1995. Dan prestasinya yang paling membuat Jubing bangga adalah meraih Distinguished Award pada Fesrifal Gitar Yamaha se-Asia Tenggara di Hongkong.

Jubing yang juga pernah menekuni dunia wartawan juga telah mengeluarkan beberapa album solo gitar dan menulis buku-buku tentang gitar. Album solo gitar pertamanya, pada 2007 " Becak Fantasy ".

Lulusan Kriminologi Universitas Indonesia ini dikenal pandai menghadirkan 'suasana' yang ingin disampaikan sebuah lagu melalui gabungan berbagai teknik permainan gitarnya. Ia diakui oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai Gitaris Indonesia Pertama yang menyebarluaskan Komposisi dan Aransemen Gitar Pribadi Secara Gratis di Internet. Pada 2005, ia menerima penghargaan MURI sebagai Penulis Ensiklopedia Gitar Pertama di Indonesia. Jubing bereksplorasi dalam aransemen musik untuk lagu anak-anak dan lagu tradisional Indonesia, sebagai upaya memperkenalkan kekayaan khazanah musik Indonesia ke penggemar gitar akustik di dunia.