Kalau Zuckerberg dan Bill Gates Berkolaborasi...

LAZONE.ID - Kebayang gak bro, kalau orang-orang paling kondang di dunia teknologi berkolaborasi. Seperti duet maut, Mark Zuckerberg dan Bill Gates.

Kebayang gak bro, kalau orang-orang paling kondang di dunia teknologi berkolaborasi. Seperti duet maut, Mark Zuckerberg dan Bill Gates. Keduanya kompak menggerakkan aksi amal, mengumpulkan dana dan miliarder-miliarder dunia untuk riset energi dan kesehatan dunia, lewat yayasan-yayasan amalnya.

Awalnya Zuckerberg bersama istrinya, Priscilla Chan, meluncurkan program bernama Breakthrough Energy Coalition. Proyek ini ditujukan untuk mengembangkan teknologi energi zero-carbon (energi bersih) untuk Bumi. Enggak sendirian, ia menggandeng Richard Branson, Jeff Bezos, Jack Ma, dan Masayoshi Son juga turut serta dalam proyek energi terbarukan ini.

Seperti dilansir dari dari Washington Post, proyek ini dikembangkan bersamaan dengan Climate Control Conference oleh PBB di Paris, pertengahan Desember ini. Biliuner dan pemerintah bekerjasama mengembangkan energi bersih yang dinamai `Mission Innovation`.

Sampai saat ini, 19 negara telah bergabung dalam Mission Innovation. Semua negara tersebut akan menginvestasikan pendapatan tahunan untuk riset dan pengembangan energi bersih sebanyak US$ 20 miliar atau sekitar Rp 276 triliun pada 2020.

Pasangan Bill dan Melinda Gates, melalui yayasan Bill dan Melinda Gates Foundation, Gates dikabarkan telah menyumbangkan total dana bantuan US$ 1,5 miliar sepanjang 2014. Kebanyakan dari dana itu digunakan untuk bantuan kesehatan dan riset pengobatan wabah penyakit.