Keren, Anak Petani Ini Lulus S2 Universitas Ternama di Amerika Serikat

LAZONE.ID - Salut banget deh!

Kisah perjuangan Robinson Sinurat, anak dari keluarga petani asal Tanjung Beringin di Sumatera Utara, wajib lo contoh nih. Karena, doi bisa loh meraih pendidikan S2 di universitas bergengsi di Amerika Serikat.

Orang tua Robin merupakan petani kopi dan sayur. Dari kecil, Robin sudah tinggal berjauhan dari orang tua di kota Medan, demi mendapatkan pendidikan yang lebih baik walaupun sering terkendala dengan masalah uang.

Sampai ke jenjang SMA, robin harus memikirkan untuk masuk ke universitas negeri agar keuangannya cukup. Ia pun ikut ujian SMBPTN dan diterima di Universitas Sriwijaya di Palembang, jurusan Fisika.

Robin akhirnya meminjam uang Rp 3 juta ke teman dekatnnya untuk membayar uang pendaftaran sekitar 2,4 juta rupiah.

Keren, Anak Petani Ini Lulus S2 Universitas Ternama di Amerika Serikat

Untuk bertahan hidup, Robin mengajar fisika di sekolah bimbingan belajar di pusat kota Palembang. Setelah lulus kuliah, doi pindah ke Jakarta untuk kerja sebagai koordinator program di bidang kepemudaan di Global Peace Foundation.

Selain itu, Robin juga pernah kerja di kementerian PU (Pekerjaan Umum) sebagai seorang konsultan. Robin memiliki cita-cita baru, yaitu melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat.

Doi memutuskan untuk mendaftar beasiswa untuk studi S2. Lewat beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Pendidikan), Robin berhasil diterima di berbagai universitas di Amerika Serikat, Australia, Belanda dan Inggris.

Robin memutuskan kuliah di Columbia University, sebuah universitas prestisius atau Ivy League di New York dengan jurusan 'social work' (pekerjaan sosial) dan sekarang udah lulus bro. Keren banget kan!