Keren Bro, Peneliti Indonesia Untuk Mars

LAZONE.ID - Bagus Nugroho, orang Indonesia yang terpilih untuk misi ke Planet Mars. Yoi, persis kayak yang di film Martian itu.

Bagus Nugroho, orang Indonesia yang terpilih untuk misi ke Planet Mars. Yoi, persis kayak yang di film Martian itu.

Loe masih terpana nonton film The Martian? Melihat seperti apa canggihnya kerja para ilmuwan di planet Mars? Itu enggak cuma ada di film. Bagus Nugroho bakal menjalani apa yang ditampilkan di sana.

Kita mestinya ikut bangga, Bro. Bagus merupakan satu-satunya peneliti asal Indonesia yang terpilih sebagai peneliti untuk misi Lembaga Penelitian Antariksa Jepang (JAXA) menuju planet Mars.

Keterlibatan Bagus dalam proyek ini rencananya akan berjalan pada 2020 nanti. Bagus memaparkan, Misi Jepang ke Mars pada 2020 adalah misi mahapenting. JAXA berencana mengirimkan robot atau probe untuk meneliti planet itu. Mereka ingin mengetahui tanda-tanda kehidupan di sana.

"Eksperimen saya tentang parasut supersonik yang akan digunakan pada misi ke Mars," terang pria 31 tahun tersebut. Parasut itu harus dapat menahan robot pada saat memasuki atmosfer Mars.

Fokus tugasnya menciptakan dan mengembangkan berbagai model parasut dengan berbagai pengujian di wind tunnel atau terowongan angin. Terowongan angin supersonic milik JAXA sendri, kata Bagus, merupakan salah satu yang paling impresif yang pernah dilihatnya.
Bagus mengenyam pendidikan S-1 di Australia dan langsung lompat ke S3 tanpa melalui S2! Saat menjadi mahasiswa, ia juga pernah menjadi peneliti intern di sejumlah perusahaandi Indonesia. Di antaranya, di Daimler Mercedes-Benz, PT Dirgantara Indonesia (DI), dan PT Garuda Maintenance Facility (GMF).

Kini Bagus sedang menyiapkan diri menjadi ilmuwan dan astronot melalui JAXA. Ia berharap suatu saat bisa kembali ke Indonesia dan mengabdikan ilmunya dengan dukungan pemerintah. Super cool, bro!