Inspiring People

Kisah Keberhasilan Pencipta Keripik Maicih

  • 14 February 2018
  • 2334 views

Jangan kaget pas baca asal-usul nama “Maicih”

LAZONE.ID -

Tau keripik Maicih kan? itu loh keripik yang eksis dan ada level pedesnya itu. Nah, pencipta atau penemu keripik Maicih ialah Reza Nurhilman. Sebelum sukses kaya sekarang ini, banyak kisahnya yang cukup inspiratif nih bro.

Masa-masa SMA merupakan masa yang berharga banget bagi Reza. Apalagi, usai lulus SMA, Reza enggak bisa melanjutkan kuliah karena duitnya enggak cukup. Reza memutuskan mengumpulkan uang sendiri untuk lanjutin pendidikannya.

Ia mengumpulkan modal untuk membuka usaha. Beberapa diantaranya ialah menawarkan berbagai macam produk-produk elektronik. Selama perjalanan itu, doi berubah jadi seorang yang punya visi besar dalam hidupnya.

Kisah Keberhasilan Pencipta Keripik Maicih

Suatu hari, Reza diajak oleh temannya ke Cimahi. Di sana doi mencicipi keripik lada pedas yang dibuat oleh salah seorang nenek. Ia pun langsung jatu hati sama keripik itu. Sayangnya, keripik buatan nenek itu cuma diproduksi kalo ada momen tertentu aja.

Mulai dari situ, Reza berinisiatif membuatnya sendiri. Doi menanyakan resep keripik lada pedas itu kepada sang nenek, dan untung aja nenek itu mau berbagi. Bahkan, nenek itu mengizinkan Reza untuk memproduksinya dan menjual keripik itu dengan resep yang sama. Inilah awal diproduksinya Maicih.

Nama Maicih sendiri ada hubungannya dengan nenek pembuatnya, karena nenek ini terkenal dengan ke-icihannya dengan selalu memakai ciput di kepalanya. Maka dari itu, Reza menamakannya dengan Maicih karena nama itu nyeleneh dan mudah dihafalin.

Dengan modal awal Rp 15 juta, Reza memulai usaha keripik Maicih. Pada tahun 2010, ia bekerjasama dengan produsen keripik pedas di Cimahi. Mulai dari situ, dia memproduksi Maicih 50 bungkus per harinya dengan beberapa varian level kepedasan 1-5. enggak cuma itu, Reza juga memproduksi bakso goreng untuk ia jajakan.

Semakin lama, Maicih semakin berkembang dan terkenal. Karena makin banyak minat pembelinya, akhirnya Reza menaikkan level kepedasan dari 1-5 menjadi 1-10. Ternyata hal itu berhasil, keripik Maicihnya akhirnya terjual hingga 2000 bungkus per harinya.

Di usia mudanya pada saat itu, Reza bisa dapet untung yang sangat banyak dari usahanya. Bayangin bro, omzet perbulannya itu bisa sampai Rp 900 juta.

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...