Kisah Si Cowok Gondrong Pendiri Web Donasi Kitabisa

LAZONE.ID - Jangan pernah mandang cowok gondrong sebelah mata bro

Bro, jangan memandang sebelah mata si cowok gondrong ini. Asal lo tau nih, pria yang bernama Vikra Ijas ini merupakan Chief Marketing Officer (CMO) dari Kitabisa.com, salah satu pelopor situs crowdfunding di Indonesia yang fokus kepada isu sosial.

Berkat kegigihan Vikra dan rekannya, Alfatih Timur, lo enggak perlu bingung lagi deh kalo mau mendonasikan uang lo untuk menolong orang lain. Lo bisa mengunjungi website Kitabisa.com, dan bisa pilih beragam kampanye sosial yang mau lo danai.

Vikra yang merupakan lulusan University of Aunckland, Selandia Baru ini sempat membangun startup sendiri, namun gagal. Kemudian, awal 2014 doi bertemu dengan Timmy (Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com) yang waktu itu lagi merintis Kitabisa.com di bawah naungan Yayasan Rumah Perubahan milik Prof. Rhenald Kasali.

Kisah Si Cowok Gondrong Pendiri Web Donasi Kitabisa

Setelah itu, mereka ngobrol dan diskusi untuk membuat platform ini menjadi bisnis yang serius. Tapi, untuk menemukan kepercayaan publik terhadap Kitabisa.com ini tak mudah seperti yang lo kira bro. Banyak rintangan yang mereka lewati sampai akhirnya pada pertengahan 2014, mereka memfasilitasi penggalangan dana dengan target terbesar pada saat itu yang diinisiasi oleh Palang Merah Indonesia (PMI).

PMI membuat kampanye dengan target Rp 525 juta untuk pengadaan 1 unit bus donor darah. Sampai 1 tahun lamanya, akhirnya dana tersebut terkumpul. Nama PMI meningkatkan kredibilitas Kitabisa.com sebagai platform donasi dan penggalangan dana untuk isu-isu sosial.

Kitabisa.com memang dibangun sebagai bisnis. Jadi mereka ingin memadukan mindset impact dari social enterpreneurship dengan mindset growth dari startup. Sekarang ini, Kitabisa.com makin berkembang. Banyak orang yang memberikan kepercayaan untuk berdonasi lewat Kitabisa.com. Contohnya pada 2016 lalu aja donasi yang terkumpul berkembang menjadi 60 miliar.

Wah keren ya bro, membuat bisnis tapi sangat menguntungkan untuk orang lain dan orang yang sedang kesusahan serta perlu bantuan serius.