LAzone
Inspiring People

Kisah Sukses Yukka Harlanda, Mendirikan Brodo Gara-gara Susah Cari Sepatu Ukuran Besar

  • 09 January 2019
  • 825 views

Unik juga bro kisahnya

LAZONE.ID -

Tau sepatu Brodo kan? yap sepatu tersebut merupakan buatan anak bangsa. Dia ialah Yukka Harland. Namun, ada kisah menarik dalam perjalanan usaha Yukka sampai Brodo dikenal banyak orang dan sukses.

Bisa dibilang, berdirinya Brodo itu melalui ketidaksengajaan. Awalnya, Yukka lagi butuh sepatu yang pas dengan ukuran kakinya. Maklum, Yukka memiliki ukuran kaki yang cukup besar.

Doi pun pergi ke pengrajin sepatu di kawasan Cibaduyut, Bandung bersama Putera Dwi Kurnia. Di sana doi bertemu dengan salah satu vendor yang menerima pesanan hanya satu pasang sepatu kulit sesuai dengan pesanannya.

Kisah Sukses Yukka Harlanda, Mendirikan Brodo Gara-gara Susah Cari Sepatu Ukuran Besar

Setelah sepatu kulit itu jadi dan bangga atas hasil rancangannya sendiri, teman-teman kampusnya di ITB saat itu naksir dengan sepatu yang doi pake bro.

Akhirnya, Yukka memanfaatkan peluang tersebut dan membuka sistem pre-order. Dengan mengeluarkan tabungannya Rp 3,5 juta dan ditambah dari uang Putera Rp3,5 juta (hasil pinjaman), Yukka dan Putera berhasil mendapatkan 40 pasang sepatu dan sebagai modal awal berdirinya sepatu merek Brodo.

Untuk memperluas sayap bisnisnya, Yukka memanfaatkan media sosial sebagai ranah penjualannya. Saat itu media sosial yang ia gunakan ialah forum Kaskus, Facebook, BBM. Usahanya pun direspon positif sampai akhirnya ia memiliki sejumlah store offline sendiri dengan karyawan yang cukup banyak.

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...