LAzone
Inspiring People

Kuli Bangunan Buta Huruf Ini Sekarang Jadi Milyader!

  • 10 October 2018
  • 3023 views

Perjuangannya harus lo tiru bro!

LAZONE.ID -

Kesuksesan emang bisa dicapai siapa saja bro, termasuk seorang kuli bangunan benama Sanawi. Doi cuma sekolah sampe kelas 1 SD doang, enggak bisa membaca dan sekarang sukses jadi juragan es krim dengan omzet Rp 1,5 miliar per bulan.

Sanawi lahir dari keluarga miskin. Doi cuma bisa menjadi penggembala sapi milik orang lain untuk bantu keuangan keluarga. Saat umurnya masuk remaja, Sanawi ke Jakarta untuk menjadi kuli bangunan.

Lalu, pada 2006 dia bersama teman proyeknya ke Samarinda, Kalimantan Selatan dan kembali menjadi kuli bangunan. Di sana, dia mencoba mencari penghasilan tambahan dengan berjualan es krim dengan meminjam modal temannya Rp 60 ribu.

Kuli Bangunan Buta Huruf Ini Sekarang Jadi Milyader!

Setiap hari, dengan sepeda Sanawi keliling berjualan es krim. Sedikit-sedikit keuntungannya ditabung untuk membeli motor. Untuk belajar soal bisnis, dia berbaur dengan pengusaha es krim yang lebih dulu sukses.

Sanawi mengajak teman-teman yang bekerja di proyek bangunan ikut berjualan es krim. Ia menjadi distributor yang memasok es krim bagi mereka. Dari situ deh bisnisnya berkembang pesat.

Doi punya 700 mitra yang dilayani melalui 27 subdistributor es krim miliknya. Ia juga mengembangkan sayap bisnisnya di jasa penyewaan kontainer dan pengolahan bebek serta ayam beku.

Semua bisnis itu dilabeli dengan merek Vanesa. Saat ini, Sanawi punya pabrik es krim di Kudus, Jawa Tengah. Saat ini doi udah bisa membaca karena belajar. Tujuannya biar enggak ketipu saat tanda tangan sesuatu.

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...

/news/2018/Desember/16%20des/duc-cover.jpg
Automotive

Ducati 900 SS Birdie

16 December 2018 67 views share
/news/2018/Desember/15%20des/suzuki-cover.jpg
Automotive

Gaya Balap Eropa Sudah Sampai Bandung

15 December 2018 179 views share
/news/2018/Desember/14%20des/bmw-cover.jpg
Automotive

BMW R80 Cafe Roadster

14 December 2018 214 views share