Lewat 'Damn! I Love Indonesia', Daniel Mananta Sukses Bisnis Clothing

LAZONE.ID - Penjualan brand clothing line Daniel pun telah tembus ke Thailand. Ke depannya, dia masih menunggu untuk di negara Vietnam, dan Filipina.


Menjamurnya bisnis clothing line dalam negeri membuat Daniel Mananta tergiur untuk mendirikan sebuah brand baru. Tak tanggung-tanggung, lewat 'Damn! I Love Indonesia', pembeli mancanegara pun rela memborong brand street wear tersebut. 

Pada 28 Oktober 2008, Daniel yang berprofesi awalnya sebagai VJ MTV itu membangun sebuah perusahaan kecil-kecilan bernama PT.Dinamika Anak Muda Indonesia atau disingkat Damn! I Love Indonesia. Toko pertama yang berada di FX Lifestyle Center lantai 6 itu pun terus berkembang dan sampai sekarang telah memiliki 9 toko di Jakarta, Surabaya, Makassar, Bali, dan Tangerang. 

Produknya yang khas Indonesia banget menjadi salah satu keunggulan tersendiri. Dia pun menjualnya dengan harga relatif terjangkau yang dapat dibeli semua kalangan. 

"Harganya harus terjangkau dan image Indonesia harus dibikin mahal banget," katanya. Namun, di tengah perjalanan menjadi seorang pebisnis, Daniel ada satu peristiwa tak mengenakkan. 
 


Yakni, karyanya diplagiat oleh oknum tak dikenal di negara tertangga, Singapura. Dalam sebuah wawancara, dia mengatakan empat tahun lalu temannya yang sedang berkunjung ke negeri Merlion melihat ada kaos yang bertuliskan 'Damn! I Love Singapura'. Daniel pun kaget. 

Berbagai usaha dilakukannya. Salah satu caranya dengan datang ke toko tersebut sambil membawa sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). "Maaf, ini kekayaan intelektual Indonesia dan saya minta dia nggak jualan lagi."

Penjualan brand clothing line Daniel pun telah tembus ke Thailand. Ke depannya, dia masih menunggu untuk di negara Vietnam, dan Filipina.
 
(Dirangkum dari berbagai sumber)