Mahasiswa Ini Sukses Kelola Tiga Usaha Kuliner Tanpa Modal!

LAZONE.ID - Sampai tembus gerai Carrefour.

Buat lo yang masih jadi mahasiswa, jangan takut untuk mencoba terjun di dunia bisnis bro. Coba contoh, Ahmad Musyaddad, mahasiswa Universitas Gajah Mada ini sukses loh mengelola tiga bisnis kuliner. Padahal umurnya saat ini baru menginjak 23 tahun. 

Ahmad memiliki tiga usaha kuliner, yakni Bakpia Lumer, Makaroni Rawe, dan yang lagi hits adalah Bandeng Rawe. Ia menjalani usahanya di tengah kesibukan sebagai mahasiswa fakultas filsafat serta aktivitasnya di pesantren.

Salah satu produk andalan Ahmad ialah Bandeng Rawe. Bandeng Rawe merupakan makanan olahan bandeng dengan kemasan kaleng pertama di Indonesia. Makanan ini sebenarnya khas Tuban. Produk ini memiliki total tiga varian rasa yakni mercon, lombok abang, dan lombok ijo.

Kenapa dinamakan Bandeng Rawe? jadi menurut Ahmad, ia melihat adanya tren muncul produk-produk khas daerah. Rawe sendiri merujuk pada tokoh idola masyarakat Tuban yakni Ronggolawe.

Berkat kegigihannya, Bandeng Rawe saati ini sampai di jual di toko oleh-oleh di daerah Jogja dan Tuban. Enggak cuma itu, produk ini juga menembus gerai Carrefour sejak satu tahun terakhir.

Padahal, saat awal mulai berbisnis Ahmad mengaku enggak mengeluarkan modal sedikitpun. Ia hanya modal ide yang lalu didanai oleh investor.

Karena kesuksesannya, Ahmad sering banget diundang sebagai narasumber untuk mengisi pelatihan dalam kelompok UKM (Usaha Kecil Menengah).