Malcolm X, Pejuang Keadilan Paling Gigih yang Pernah Ada

LAZONE.ID - Salah satu pejuang keadilan paling gigih yang pernah ada.

Talkmen.com --- Salah satu pejuang keadilan paling gigih yang pernah ada.

Malcolm X menginspirasi banyak orang, termasuk Martin Luther King.  
"A man who stands for nothing will fall for anything." - Malcolm X

Banyak yang bisa diingat dari jasa seseorang bernama El-Hajj Malik El-Shabazz atau yang dikenal dengan nama Malcolm X. Ia adalah sosok pahlawan di mata banyak orang, terutama para remaja kaum kulit hitam di Amerika Serikat melalui autobiografi yang dirilisnya pada 1965 berjudul The Autobiography of Malcolm X. Ia sendiri menjadi incaran dan akhirnya dibunuh 49 tahun yang lalu, tepatnya pada 21 Februari 1965 karena usahanya untuk memperjuangkan hak kaum Afrika di Amerika Serikat ditentang beberapa pihak.

 

Malcolm juga merupakan orang pertama yang melakukan penentangan terhadap genderang perang yang dilakukan AS pada Vietnam, bahkan sebelum Martin Luther King melakukan hal yang sama. Ia bergabung dalam organisasi seperti Revolutionary Action Movement, Student Non-Violent Coordinating Committee dan League of the Revolutionary Black Workers untuk berjuang. Malcolm adalah orang yang memberi inspirasi pada Martin Luther King untuk melakukan speech terkenalnya di Riverside Church New York pada 4 April 1967, dalam usaha untuk menentang Vietnam War. Selain itu, Malcolm adalah sosok pejuang yang berdiri dibahwa bendera Islam dengan membentuk organisasi bernama The Nation of Islam. Tujuannya tetap sama, memberantas rasisme dan memperjuangkan keadilan yang rata bagi semua orang.

  remembering-malcolm-x

Sosok Malcolm yang kontroversial menjadi inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia. Bahkan hingga saat ini, masih banyak pihak yang melakukan persembahan dan penghormatan untuk Malcolm dalam berbagai cara. Ia adalah salah satu dari sedikit orang yang berani berdiri di persimpangan jalan penuh darah dan kekerasan untuk memperjuangkan kebebasan dan hak banyak orang. Hari ini, 19 Mei 2014, Malcolm X berusia 89 tahun. Walaupun telah tiada, sosoknya selalu diingat sebagai pejuang penuh rasa berani dan tidak gentar dalam menghadapi siapa pun demi memperjuangkan keadilan. Happy birthday, Malcolm X!