Inspiring People

Marcelo Lusardi, Si Skateboarder Tunanetra

  • 14 June 2017
  • 1317 views

Punya kelainan genetik.

LAZONE.ID -

"Kekurangan fisik enggak boleh jadi hambatan lo buat jadi orang yang lebih berkembang", kata-kata yang harus ditanam di dalam hidup lo selama ini. Banyak bro, orang-orang di luar sana yang fisiknya enggak selengkap manusia normalnya, tapi hal itu enggak menjadikan mereka untuk menyerah. Bahkan, banyak diantara mereka yang tetap mengejar cita-cita maupun hobinya dalam bidang olahraga walaupun itu terbilang olahraga yang esktrim.

Seperti seorang pemuda asal Argentina, bernama Marcelo Lusardi yang mengalami kekurangan dari segi penglihatan atau tunanetra. Walaupun kondisi fisiknya terbatas, pria berumur 20 tahun ini sangat jago loh bro main olahraga skateboard. Enggak cuma itu, dia enggak hanya berjalan di skateboard aja kok, Marcelo juga bisa menyajikan trik-trik skateboard seperti orang normal lainnya.

Marcelo sudah menyukai skateboard sejak usianya masih 11 tahun. Tapi dia harus menghadapi kondisi dimana dia harus kehilangan penglihatannya. Hal itu terjadi pada November 2015, Marcelo terpaksa dibawa ke rumah sakit dan dokter mengatakan jika dia memiliki kelainan genetik yang disebut Lever Optic Neuropathy.

Mendengar itu, dia sempat diam dan bingung untuk berbuat apa. Ia membayangkan dirinya menggunakan tongkat. Marcelo pernah mencoba melakukan aktivitas tanpa tongkat, dan hasilnya dia banyak mengalami kesulitan.

Awalnya ia tidak mau jika dirinya disebut sebagai tunanetra. Tapi hal itu enggak bisa dipungkiri karena ia sempat menabrak rambu lalu lintas. Karena itu, ia harus terbiasa menggunakan tongkat dalam menjalankan aktivitasnya.

Saat dia duduk di alun-alun, ia mendengar beberapa orang bermain skateboard. Ia sedih dan menangis karena ia tidak bisa lagi bermain hobi yang paling ia sukai itu. Tapi berkat teman-teman dekatnya yang tak mau melihat Marcelo mengalami keadaan yang sulit, mereka mendorong Marcelo untuk kembali bermain skateboard.

Sejak itu, teman-teman, keluarga dan ONCE (Asosiasi Tunanetra Nasional Spanyol) mendukung Marcelo untuk kembali bermain skateborad. Hasilnya, ia kembali bisa bermain dan menjadi dirinya sendiri lagi.

Lo harus liat penampilannya lewat video yang diunggah di youtube. Sehabis liat video itu gue yakin lo akan ikut terinspirasi dengan semangat yang dimiliki oleh Marcelo. Dengan semangat dan tekadnya, ia bisa menggeluti kegiatan atau hobi yang ia suka.

Memang benar kan bro, semestinya "kekurangan" itu enggak boleh menghalangi kita buat ngelakuin hal yang kita suka, dan tentunya daam segi positif ya. Yaudah buat yang penasaran gimana aksi Marcelo kalo main skateboard gimana, nih lo liat aja videonya.

Embed:

tags : skateboard

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...