Megan O'Donoghue, Wanita Asal Amerika Ini Jago Nyinden

LAZONE.ID - Bahkan, doi juga tertarik banget sama gamelan

Wah, ternyata ada loh bro orang Amerika yang jago nyinden. Dia sendiri merupakan seorang wanita dan bernama Megan O'Donoghue. Megan emang basic-nya merupakan seorang seniman di Santa Cruz, California. Pasti lo banyak pertanyaan kan kenapa doi bisa jago nyinden?

Jadi gini, saat kuliah dulu, doi ambil jurusan lagu seriosa di Seattle. Terus di sana ada gamelan Jawa dan dia sangat tertarik banget. Nah setelah lulus kuliah dari Cornish College of the Arts di Seattle tahun 2008, Megan mengikuti program Darmasiswa di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Megan O'Donoghue, Wanita Asal Amerika Ini Jago Nyinden

Setelah ikut program itu, Megan nikah dengan pemain keroncong asal Indonesia dan menetap di Indonesia tepatnya di Jawa. Di sana, doi mendalami kesenian Indonesia lainnya, seperti wayang kulit, dan banyak melakukan pementasan dengan dalang-dalang kenamaan, seperti Ki Sujiwo Tejo, Ki Manteb Sudharsono dan Ki Enthus Susmono, di mana ia berperan sebagai pesinden.

Sebagai pesinden, Megan ngaku enggak fasih berbahasa Jawa. Tapi, karena latar belakangnya sebagai penyanyi, doi jadi terbiasai menjiwai lagu-lagu bahasa asing, termasuk lagu dalam bahasa jawa.

Tahun 2015, doi merilis album perdana yang bertajuk “Peshawar,” bersama kelompok musik Gemati di Indonesia. Album yang terdiri dari sembilan lagu ini mengambil nuansa musik rakyat atau folk, keroncong, dan karawitan, dengan campuran lirik dalam bahasa Inggris, Indonesia, dan Jawa.

Sekarang, Megan sibuk mengajar kelas vokal di Cabrillo College di Santa Cruz, California. Di sana, doi ngajarin lagu seriosa, juga lagu-lagu Indonesia, Arab, dan Irlandia. Selain mengajar di kampus, Megan juga membuka kelas privat vokal dan piano di rumahnya.