Mengenal Lebih Dekat Bisnis Katering Gibran Raka

LAZONE.ID - Menamatkan kuliah di Australia dengan mengambil marketing sebagai jurusan yang dipilih, Raka malah memilih untuk membuka usaha katering.

Nggak banyak yang mengenal sosok Gibran Rakambuming Raka hingga dirinya muncul pada hari pelantikan Presiden Jokowi. Yup, Raka adalah anak sulung dari mantan Gubernur Jakarta tersebut. Sejak saat itu, media pun mulai gencar mencari tahu semua yang berhubungan dengan dirinya, termasuk bisnis yang tengah dilakukannya saat ini.

Menempuh pendidikan perguruan tinggi di negeri kangguru dan memilih jurusan marketing, siapa yang menyangka jika ia memilih usaha yang sangat jauh berhubungan. Yup, ia memilih untuk menjalankan bisnis penyedia hidangan atau yang lazim disebut katering.

Awalnya, ide ini pun sebenarnya di tolak oleh ayahnya. Keluarga lebih mengharapkannya untuk meneruskan bisnis turun temurun di bidang mebel. Tapi, sifat Raka yang agak pemberontak, tetap menetapkan pilihannya pada bisnis katering.

Tanpa menggunakan nama besar sang ayah yang saat itu tengah menjabat Walikota Solo, Raka pun memulai bisnisnya tersebut. Mengajukan tujuh proposal pinjaman ke bank, akhirnya ada satu yang lolos. Dengan dana sebesar 1 miliar ia pun mulai merintis Chilli Pari.

Udah mendapatkan langkah awal yang bagus, Raka harus mengalami sulitnya mencari orderan. Tapi, ilmu marketingnya yang cukup mumpuni membuatnya sanggup melaju cepat. Hingga saat ini, sepertinya udah banyak yang mengenal Chilli Pari yang diciptakannya. Bahkan ia menjadi ketua dari asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Raka ini jadi salah satu dari sekian banyak bukti jika mendirikan bisnis ternyata nggak harus sesuai dengan pendidikan akademik yang diambil. Salut deh!