Muklay, Kejar Sukses dengan Passion!

LAZONE.ID - Seniman visual ini udah sering collab dengan nama-nama besar!

Mengejar kesuksesan dengan passion? Emang bisa?

Jawabannya, bisa kok. Mungkin salah satu orang keren yang harus lo lirik kali ini adalah Mukhlis “Muklay” Fachri. Dirinya adalah seorang seniman visual kontemporer asal Jakarta yang membesarkan namanya sendiri lewat passion yang ia jalankan.

Sejak remaja, Muklay adalah orang yang mencintai seni, terutama seni visual dalam bentuk gambar. Untuk mewujudkan mimpinya itu dirinya masuk untuk mempelajari seni rupa lebih dalam di Universitas Negeri Jakarta.

Namanya mulai banyak dikenal oleh publik setelah Muklay terjun ke bidang desain clothing. Dirinya memanfaatkan hal tersebut untuk bisnis.


Sebelum menetap di dunia seni visual, Muklay sempat mencoba berbagai jenis seni lainnya seperti performance art, bikin patung, hingga akhirnya terus kembali ke dunia clothing.

Muklay yang saat itu ditanya dalam sebuah wawancara menjelaskan, bahwa inspirasi untuk karya visual yang dibuatnya bisa datang dari mana aja, termasuk dari sepasang sneakers. Jadi, jika dirinya membeli sepasang sneakers dan elemen warna yang ada di dalamnya ia sukai, maka Muklay bakal menggunakannya dalam karya visual buatannya.

Konsisten di bidang yang digemari adalah kunci. Karena konsisten dengan identitas dan orisinalitas karya yang dibuatnya, Muklay mulai dilirik oleh nama-nama besar untuk collab.

Seperti halnya pada tahun 2018 lalu, pemuda satu ini collab bareng Uniqlo untuk sebuah lini produk eksklusif. Karya visual yang dibuat olehnya juga pernah digunakan oleh grup musik besar Indonesia, RAN dalam lagu-lagu mereka.

Bahkan kerennya nih Bro, Muklay tahun ini masuk daftar Forbes ‘30 Under 30’, dimana dirinya jadi salah satu dari 30 pemuda berusia di bawah 30 tahun yang berpengaruh.