Natali Ardianto, Membangun Startup Kini Peguasa Pasar Lokal

LAZONE.ID - Siapa bilang startup lokal dikuasai asing. Beberapa startup lokal yang menjadi penguasa di rumah sendiri salah satunya adalah tiket.com yang dibangun dan dikembangkan oleh Natali Ardianto.

Siapa bilang startup lokal dikuasai asing. Beberapa startup lokal yang menjadi penguasa di rumah sendiri salah satunya adalah tiket.com yang dibangun dan dikembangkan oleh Natali Ardianto.

Buat Natali Ardianto, co-founder dan CTO Tiket.com, mengembangkan startup lokal perlu kehati-hatian dan kecermatan. Ia membangun Tiket.com sejak 2011, dengan modal awal di bawah 1 juta US. Hanya dalam waktu setahun investasi awalnya sudah berkembang berkali lipat.

Dengan situs pemesanan dalam startup yang tergolong masih sangat muda ini, Ardianto menyediakan pemesan tiket penerbangan, pemesanan hotel, tiket kereta api, dan tiket acara dan menjadi e-comerce lokal yang punya pelanggan loyalnya.

Ardi percaya, ia bisa berdiri di antara startup Indonesia lainnya tanpa menggunakan investor besar seperti yang lainnya. “Ini dibangun sepenuhnya pada investasi awal "di bawah US $ 1 juta," aku pria lulusan Universitas Indonesia ini.

Pengembangan awalnya, pada 2012, saat ia memenangkan US $ 25.000 dalam sebuah kompetisi startup. Dengan modal yang ada dan segala kehati-hatian dalam menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran, ia fokus pada hal-hal inti. Diantaranya pengembangan teknologi yang baik, perencanaan keuangan yang solid, dokumen hukum yang tepat. "Bagi kami, ini tentang dasar-dasar yang sangat penting," tutupnya.