Ollie, Sukses Gerakkan Komunitas Buku Online Hingga Diundang ke New York

LAZONE.ID - Aulia Halimatussadiah atau akrab disapa Ollie adalah ratu-nya komunitas buku online.

Bagi sebagian masyarakat umum nama Aulia Halimatussadiah atau akrab disapa Ollie memang tak banyak yang kenal. Tapi kalau berbicara tentang dunia penerbitan dan komunitas buku online, maka Ollie adalah ratu-nya.  

Di tahun 2006, ketika publik sedang gencar-gencarnya ngeblog, Ollie sudah memanfaatkan teknologi untuk mendirikan sebuah toko buku online yang bernama kutukutubuku.com. Website yang belum biasa di kalangan pecinta buku itu pun menjadi buah bibir dan digandrungi. 

Alasannya sederhana, orang-orang tak perlu sibuk capek ke toko buku. Tinggal buka komputer, cek alamat situsnya, dan langsung membayar saat itu juga. Sukses dengan kutukutubuku.com, Olie tidak ingin berdiam diri. Kemudian, dia mendirikan nulisbuku.com yang menggerakkan pembaca dan pecinta buku untuk menerbitkan karyanya sendiri. 

Ya, self publishing yang saat itu masih terbilang asing. Bersama tiga rekannya, Brilian Yoteenega, Oka Pratama dan Angel, mereka secara resmi meluncurkan startup barunya. Sejak awal berdiri sampai dua tahun lalu, nulisbuku.com berhasil menerbitkan lebih dari 700 buku dari penulis se-Indonesia. 

Nulisbuku.com tidak hanya menjadi penerbitan independen tapi lewat situs serta komunitas dunia maya itu Ollie Cs mampu menggerakan sebuah gerakan. Mereka kopi darat, saling berkumpul, tukar pendapat, dan berbgai ilmu-ilmu segar. 

Kariernya di bidang kepenulisan juga diperkuat dengan penerbitkan buku-buku karya Ollie. Tergolong tak biasa, karyanya selalu sederhana, ringan, dan menceritakan peristiwa sehari-hari. Sukses menjadi seorang enterpreneur, April lalu Ollie diundang menjadi pembicara di forum internasional 'Women in Innovation New York'. Tampil berkebaya dengan rambut panjang terurai, dengan percaya diri dia menceritakan tentang kecintaannya membaca buku, menulis, dan mengembangkan bisnis buku online. 

Tahun ini, Ollie juga pernah menerima penghargaan sebagai perempuan muda berbakat dari Majalah Marketeers (Markplus, Inc). Sampai sekarang, dia pun sering diundang ke berbagai forum mancanegara dan Indonesia untuk menjadi narasumber membicarakan tentang kiprahnya di dunia penerbitan buku serta tulis-menulis. 

(Dirangkum dari berbagai sumber)