Otak Kreatif Di Belakang VW Kodok

LAZONE.ID - Di belakang VW Beetle alias kodok yang legendaris itu orang Indonesia, bro. Chris Lesmana, desainer Volkswagen Jerman, Peraih World Car of The Year 2012.

Di belakang VW Beetle alias kodok yang legendaris itu orang Indonesia, bro. Chris Lesmana, desainer Volkswagen Jerman, Peraih World Car of The Year 2012.

Bro, loe gak nyangka kan kalau desainer Volkswagen (VW) Beetle baru yang mendunia itu adalah seorang pemuda asal Bandung. Namanya, Chris Lesmana. Desain lulusan Institut Teknologi Bandung ini sukses meraih penghargaan World Car of the Year 2012.

Chris sempat kuliah di ITB jurusan seni rupa, tetapi karena tuntutan pekerjaannya, ia kemudian memutuskan pindah ke Jerman dengan jurusan Car Body Styling. Lulus dengan nilai yang bagus, ia mulai bekerja untuk salah satu raksasa otomotif Jerman, VW.

Rancangan Chris adalah VW New Beetle 2012. Itu merupakan hasil sketsanya selama empat tahun. Bos Volkswagen Group, Martin Winterkorn sendiri yang memilih sketsa karya Chris Lesmana dari beberapa sketsa karya para desainer VW. New Beetle dirancang sebagai mobil untuk cewek. Di tangan Chris, Beetle dipercantik dan digeser menjadi agak feminin.

Hasil kreasi Chris Lesmana yang lain adalah VW Up! Yang berkonsep mobil perkotaan. Bahkan kendaraan ini dinobatkan sebagai World Car of The Year 2012 pada New York Auto Show 2012, mengungguli 2 saingan lain, BMW 3-Series dan Porsche 911.

VW Up! Sendiri dipasarkan dalam 2 rancangan, yaitu 3 dan 5 pintu. Tetapi mobil ini belum bisa masuk ke Indonesia karena kendala bahan bakar. VW Up! menggunakan bahan bakar standar Euro 5 yang belum tersedia di Indonesia.