Paulie Alam, Animator Indonesia Di Balik Film Soul

LAZONE.ID - Bisa jadi inspirasi buat lo yang mau merintis di bidang animasi

Siapa di antara lo yang udah nonton film Soul dari Pixar? Film ini jadi fenomena tersendiri karena ceritanya yang mengharukan dan sangat mendalam buat sebagian orang.

Ternyata di balik film ini ada animator keren asal Indonesia Bro, namanya Paulie Alam. Dirinya bisa dibilang belum begitu lama berada di studio Pixar Animation Studio. Paulie bergabung dengan studio yang berada di bawah Disney itu pada tahun 2017. Belum lama masuk, dirinya langsung dipercaya terlibat dalam pembuatan film animasi mereka, Soul.

Soul sendiri adalah film yang menceritakan Joe Gardner (Jamie Foxx) yang mengalami kecelakaan sebelum  konser Jazz pertamanya dan arwahnya menyelami serta melihat jiwa-jiwa lainnya yang masih hidup.


Sedikit bercerita tentang awal mula karirnya, Paulie pertama tertarik dengan dunia animasi karena kegemarannya terhadap video game serta film-film animasi lainnya.

Dirinya mulai serius menyelami dunia animasi ini sejak masih duduk di bangku sekolah. Menurut Paulie, hal yang benar-benar bikin dirinya mencintai dunia animasi adalah dirinya bisa membuat karakter-karakter buatannya terlihat lebih hidup.


Menurutnya, bekerja di bidang animasi mirip banget dengan bekerja sebagai aktor. Seorang animator harus mampu membuat karakter buatannya melakukan akting dan membuat penonton merasakan emosi sungguhan dari karakter buatannya tersebut. Bedanya, seorang animator harus bekerja dari depan layar komputer dan harus mampu menciptakan banyak karakter sekaligus.

Paulie jadi contoh bahwa gak ada yang mustahil dalam bidang apapun di dunia ini. Karena menurut pengakuannya, orang-orang terdekatnya gak jarang bilang bahwa bekerja di Pixar Animation Studio adalah hal yang mustahil buat animator Indonesia seperti dirinya.

Lebih lanjut, Paulie berpesan pada para animator dalam negeri untuk tidak menghiraukan mereka yang berbicara negatif seperti itu dan mulai berusaha mengejar mimpi di bidang animasi.