Pemuda Ini Sukses dari Bisnis Artificial Intelligence (AI)

LAZONE.ID - Harus pinter-pinter baca peluang!

Perkembangan teknologi digital saat ini punya perkembangan dan sumbangsih yang besar untuk kemajuan dan kemudahan orang-orang dalam berbagai hal. Termasuk perkembangan teknologi digital artificial intelligence (AI). Nah, ternyata gak banyak startup di Indonesia yang memanfaatkan aspek ini untuk dikembangkan.

Namun, Meidy Fitrianto membaca ini sebagai peluang untuk mengembangkan usaha startup nya sendiri. Idenya menggunakan teknologi AI ini Meidy ingin memberikan “otak” pada berbagai perangkat elektronik.

Pemberian ‘otak’ ini bisa dilakukan pada perangkat elektronik seperti CCTV, webcam hingga smartphone agar mampu melakukan fungsinya  secara cerdas. Bahkan kemampuannya bisa menyamai kerja otak manusia.

Bisnis Meidy bersama temannya Faris Rahman yang sama-sama alumni ITB, mampu berkembang karena tidak banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan teknologi AI. Bahkan perusahaan mereka yang diberi nama Nodeflux ini didapuk untuk bekerja sama dengan program Jakarta Smart City.

Meski begitu Meidy maupun Faris sebelumnya malah menekuni profesi yang berbeda dan tidak punya pengalaman bekerja di perusahaan teknologi.  Meidy mantan karyawan perusahaan Migas, sedangkan Faris di konstruksi. Namun, dengan kesungguhan mengandalkan passion, bisnis ini berhasil mereka kembangkan.

Bisnis yang awalnya dibangun dengan modal 300 jutaan ini mampu berkembang dan sudah memiliki 73 karyawan. Nodeflux sudah banyak bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dalam memajukan pelayanan pintar di berbagai instansi seperti Ditjen Kependudukan dan Kepolisian Republik Indonesia.

Keren kan, Bro! Jadi kuncinya emang gimana caranya lu menemukan passion dan menekuninya!