Pria Ini Sukses Dari Jualan Sepatu Ceker Ayam?

LAZONE.ID - Inovasinya jadi ide bisnis yang gak biasa.

Nurman Farieka, pria asal Bandung ini sekilas terlihat seperti pria pada umumnya. Namun, dirinya jadi perbincangan di antara penggiat dunia fashion tanah air.

Bukan, bukan karena dirinya jadi orang yang paling stylish, tapi karena inovasi yang dilakukannya dalam industri fashion tanah air. Dirinya membuat sepatu dari bahan yang gak biasa, Bro.

Mungkin ketika seseorang membicarakan sepatu kulit, yang terbayang adalah sepatu dari kulit sapi, kulit domba, atau kulit buaya. Secara tak terduga Nurman membuat sepatu berbahan dasar kulit ceker ayam.

Inovasi ini bermula dari penelitian sang ayah 20 tahun lalu ketika menempuh pendidikan di Politeknik Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta. Saat itu ayahnya membuat sebuah penelitian untuk tugas akhir mengenai bagaimana mengubah ceker ayam jadi bahan mentah. Saat penelitian tersebut, bahan mentah yang diteliti oleh ayahnya tersebut gak terbatas pada bahan untuk sepatu. Namun, Nurman yang sedang merintis bisnis muncul dengan ide memanfaatkan penelitian tersebut menjadi kenyataan.

Nurman Farieka sempat putus kuliah dari Universitas Widyatama beberapa tahun sebelum dirinya merilis produk tersebut pertama kali. Sejak saat itu, pria tersebut udah mencoba berbagai bisnis namun terus bangkrut. Bahkan ada momen dimana Nurman mencoba 4 bisnis dalam satu tahun karena terus bangkrut.

Untuk modal, dirinya harus meminjam uang dan baru bisa merilis produk tersebut pada tahun 2017. Bahkan, sebelum merilis sepatu kulit ini, dirinya menjual sepatu berbahan kanvas terlebih dahulu. Nah, keuntungan yang didapatkan dari berjualan sepatu kanvas tersebutlah yang dijadikan modal untuk mengimplementasikan penelitian sang ayah menjadi sebuah produk nyata.

Dengan harga sepatu mulai dari Rp500 ribu sampai Rp2 jutaan, Nurman meraih untung hingga Rp60 jutaan per bulan.

Sekarang, produk inovatif yang dia kembangkan jadi perbincangan di antara kalangan pelaku industri fashion dalam negeri.

Tertarik gak lo Bro buat beli produk sepatu yang terbuat dari kulit ceker ayam ini?