Rifat Sungkar, Melalui Rifat Drive Labs (RDL) Lakukan Sosialisasi Defensive Driving dan Riding

LAZONE.ID - Melalui Rifat Drive Labs (RDL) Rifat fokus dengan sosialisasi safety dan defensive driving dan riding.

Rifat Sungkar lahir dari keluarga yang memang doyan balap. Mulai nenek, ayah, ibu dan saudaranya, semua terjun di dunia balap. Ayahnya Helmy Sungkar bahkan hingga kini masih aktif sebagai promotor balap nasional dengan bendera Trendypromo Mandira.

Kelahiran 22 Oktober 1978, menekuni balap memang karena merasa tertantang, dilahirkan dalam keluarga yang doyan balap. “Dulu hampir setiap minggu kita diajak ayah ke arena balap,” aku pembalap yang sudah mengantongi 8 kali juara nasional reli, pada 2006. Atas prestasinya ini, Rifat Sungkar dianugerahi Bintang Prestasi oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebagai pembalap yang aktif dengan segudang prestasi, suami dari Sisi Priscillia ini pun ditunjuk sebagai duta safety driving Indonesia. Tugasnya membantu sosialisasi aman berkendara dalam rangka mendukung kampanye FIA dan Unesco untuk mengurangi angkat kecelakaan lalu lintas hingga 50% pada 2020.

Kini kegiatan Rifat lebih banyak memberikan sosialisasi safety driving dan defensive driving melalui Rifat Drive Labs (RDL). Kegiatan terbarunya, memberikan sosialisasi safety riding pada puluhan ribu pengendara motor yang tergabung dalam Go Jek, jasa ojek dengan aplikasi. “Ini pengalaman baru buat saya, memberikan sosialisasi safety kepada puluhan ribu pengendara motor. Rata-rata sehari 100 pengendara,” aku ayah 2 putra ini.

Ia berharap dengan sosialisasi safety riding dan safety driving akan mengurangi tingkat kecelakaan kendaraan di jalan. Karena menurutnya tingkat kesadaran pengendara motor di jalan sangat kecil. “Kalau sudah menguasai safety riding mereka harus meng-upgrade diri menjadi defensive driving dan defensive riding, sebagai tingkatan yang tidak hanya bersifat perlindungan diri, tetapi juga care dengan lingkungan,” harapnya. Semoga.