Rio Dewanto, Si Pebisnis Kopi, Waffle hingga Sapi

LAZONE.ID - Tertarik mengikuti jejak Rio?

Siapa sih yang tak kenal dengan Rio Dewanto? Aktor kelahiran 28 Agustus 1987 ini telah membintangi sederet film layar lebar yang makin mengharumkan namanya di industri perfilman Tanah Air. Kini, Rio tak hanya sibuk akting tapi juga beralih profesi menjadi pebisnis ulung. 

Dimulai dari aktingnya dalam film 'Filosofi Kopi' garapan Visinema Pictures serta kecintaan akan kopi nusantara, Rio mulai mendirikan bisnis kedai kopi. Usaha pertama dilakoninya bersama dengan tim Filkop di bilangan Jalan Melawai, Jakarta Selatan. Lalu, merambah ke lokasi di Bintaro. 

Meski tak bisa menjadi seorang barista, namun Rio mengakui karakternya yang gemar berbisnis sama seperti di film. "Kalau Chicco tukang bikin kopi, gue yang tukang jualinnya aja. Kopi buatan gue nggak enak," ujarnya terkekeh. 

Tak puas di satu bidang, Rio merambah ke bisnis clothing line yang dinamainya Hunted. Hebatnya yang menggemar bisnisnya bukan hanya dari Indonesia tapi juga banyak orang dari mancanegara yang memburu koleksi Rio bersama ketiga kawannya (Adul, Almaun, dan Molen). 

Suami Atiqah Hasiholan ini juga mengembangkan bisnisnya ke sisi kuliner. Dia mulai mencoba bisnis waffle, sampai 'Martabak Yuk!' yang selalu berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Uniknya, van berwarna merah putih terus bisa diketahui keberadaannya lewat Instagram pribadi Rio. 

Tak selamanya berjalan mulus, di antara semua bisnis yang pernah dijajal Rio ada satu yang harus kandas. Yakni, usaha peternakan sapi yang berakhir dengan penjualan. Tahun lalu, Rio menjual kandang bersama tanahnya yang berada di kawasan Purwakarta, Jawa Barat. Sebelum itu, bisnis anjing bulldog pun juga pernah dicobanya. 

"Ketika dapat penghasilan sendiri, coba bisnis sapi dengan skala lebih besar, tapi jarak jauh antara tempat tinggal dan berkariernya dengan lokasi tersebut akhirnya harus diikhlaskan," pungkas Rio. Dari proses jatuh bangun bisnisnya, Rio masih bertahan dengan bisnis yang dijalaninya.

(Dirangkum dari berbagai sumber)