Sempat Dipandang Remeh, 3 Seniman Yogya Ini Buka Mata Dunia

LAZONE.ID - Karya mereka keren-keren banget

Di Jogja itu banyak banget seniman-seniman terbaik Indonesia. Jadi jangan heran kalo banyak yang menyebut Jogja merupakan kota seni. Banyak banget seniman yang tumbuh besar dari Jogja yang sekarang dikenal oleh banyak orang.

Seniman asal Jogja ini membuat karya-karya terbaik sesuai dengan bidangnya masing-masing. Tapi, enggak sedikit di antara mereka yang sempat dianggap remeh dan dipandang sebelah mata. Tapi mereka enggak peduli, mereka malah makin termotivasi buat menghasilkan karya-karya terbaik.

Proses itu akhirnya membuahkan hasil yang positif. Lewat karya dari passionnya, mereka mampu membuka mata dunia. Nah, ini dia nih tiga seniman yang bisa ngebuka mata dunia walaupun dulu pernah dipandang remeh.

 

Eko Nugroho

Sempat Dipandang Remeh, 3 Seniman Yogya Ini Buka Mata Dunia

Dari kecil Eko udah tertarik sama dunia seni. Dulu waktu kecil Eko sering banget gambar dinding rumah tetangganya. Jadi jangan heran kalo dulu dia dicap anak bandel.

Tapi, sekarang ia bisa membuka kelas seni bernama Eko Nugroho Art Class. Pria lulusan Institut Seni Indonesia ini telah menghasilkan karya-karya yang mengagumkan. Enggak cuma dikenal di Indonesia, deretan karyanya juga pernah dipamerkan ke beberapa negara seperti Belanda, Australia, hingga Amerika Serikat.

Bahkan nih ya, karya dari Eko Nugroho mendapat penghargaan seperti Power 100 A Ranked List of The Contemporary Artworld's Most Powerful Figures by ArtReview dan Icon of The Year 2013 in Art and Culture, Gatra Magazine, Indonesia.

 

Shaggydog

Sempat Dipandang Remeh, 3 Seniman Yogya Ini Buka Mata Dunia

Band beraliran Ska ini awalnya muncul di sebuah kampung yang terletak di pinggir sungai bernama Sayidan. Band yang terbentuk tahun 1997 konsisten banget nih dalam bermusik. Sampai-sampai karya dari Shaggydog sendiri pernah masuk dalam kompilasi album bertajuk Asian Ska Foundation.

Nah, band yang awalnya muncul dari gang-gang kecil di Jogja suskes membuka mata dunia. Shaggydog pernah manggung di beberapa negara seperti Belanda, Jerman hingga Australia.

 

Diwa Hutomo

Sempat Dipandang Remeh, 3 Seniman Yogya Ini Buka Mata Dunia

Diwa sama teman-temannya sering banget buat acara bertajuk Jazz Mben Senen. Acara yang digelar tiap hari Senin malam ini diselenggarakan di Bentara Budaya Yogyakarta.

Nah dengan adanya Jazz Mben Senen ini jadi wadah bertemunya para seniman dan musisi jazz di Jogja. Enggak cuma dinikmati pecinta musik dari Jogja, banyak turis mancanegara yang juga ikut menikmati penampilan seniman jazz ini loh.