Skill Basket Loe Bakal Ditekuk Female Coaches Ini Bro

LAZONE.ID - Untuk menambah pengetahuan loe tentang basket, berikut adalah lima pelatih bola basket wanita terbaik sepanjang masa.

Olahraga basket sangat populer untuk dunia cowok. Banyak atlet-atlet cowok yang bersinar dari dunia olahraga ini, mulai dari Michael Jordan, Kobe Bryant, Shaquille O’Neal, hingga LeBron James. Jarang terdengar kebintangan dari atlet basket cewek.

Tapi jangan salah sangka dulu, Bro. Ternyata kaum cewek juga berperan di dunia ini. Bukan sebagai player, tapi sebagai coach, atau pelatih. Bahkan di tahun 70an, para pelatih wanita mendominasi olahraga basket di Amerika.

Untuk menambah pengetahuan loe tentang basket, berikut adalah lima pelatih bola basket wanita terbaik sepanjang masa.

Becky Hammon
Setelah pensiun sebagai pemain basket, Lynn “Becky” Hammon, meneruskan karirnya di bidang kepelatihan. Kini Becky Hammon berjuang bersama San Antonio Spurs sebagai asisten pelatih. Sebelumnya, ia bermain sebagai pemain di San Antonio Stars dan New York Liberty di ajag WNBA dan menjadi pemain ketujuh yang mencetak 5000 angka di ajang tersebut.

Pat Summitt
Pat Summitt adalah legenda pelatih bola basket, Bro. Nama lengkapnya Patricia Sue “Pat” Summitt dan dilahirkan pada 14 Juni 1952. Dirinya pernah menjadi pelatih kepada dari tim bola basket University of Tennessee, Lady Vol, dari tahun 1974 hingga 2012 dan memimpin tim ini memenangkan kompetisi NCAA sebanyak delapan kali. Pat Summitt juga menjadi pelatih di ajang NCAA pertama yang mencapai 1000 kemenangan bersama dengan satu tim, menjadikan dirinya sebagai urutan ke 11 dari 50 Pelatih Terbaik di berbagai cabang olahraga.

C. Vivian Stringer
Charlain Vivian Stringer, seorang wanita keturunan Afrika-Amerika yang menjadi pelatih kepala dari tim basket putri Rutgers University. Dia memiliki salah satu catatan rekor terbaik di sejarah bola basket wanita. Catatan kemenangannya adalah 900 kali, yang dilakukan pada tanggal 26 Februari 2013.

Nancy Winstel
Nancy Winstel adalah legenda bagi tim bola basket Northern Kentucky University yang pernah ia latih dari tahun 1983 hingga 2012. Nancy tercatat sebagai pelatih wanita ketiga dengan kemenangan terbanyak dan kesembilan untuk prosentase kemenangan diantara para pelatih bola basket wanita di NCAA Division II saat mengundurkan diri dari dunia basket, Bro. Di tahun 2009, Nancy Winstel mencetak kemenangan ke 600 selama karirnya sebagai pelatih dan mengantar timnya memenangkan NCAA Women’s Division II Basketball Championship di tahun 2000.

Tara VanDerveer
Dilahirkan pada 26 Juni 1953, Tara VanDerveer dikenal oleh publik basket sebagai pelatih kepala tim basket wanita Stanford University sejak tahun 1985. Saat kepemimpinannya, Tara VanDerveer mempersembahkan dua kemenangan di ajang NCAA Women’s Division I Basketball Championships. Dalam catatannya, Tara adalah salah satu dari enam pelatih yang mampu mendapatkan 900 kemenangan di ajang NCAA Women’s Basketball. Ia juga pernah melatih tim nasional bola basket wanita AS di berbagai ajang, mulai dari Olimpiade 1996, Goodwill Games 1994, hingga World Championships 1994.

Bagaimana, Bro? Sudah tahu kan kalau peran wanita di dunia basket nggak bisa dianggap remeh? Dengan prestasi yang nggak main-main, mereka mampu menggenggam dunia. Walaupun beda gender, mereka bisa loe jadikan inspirasi dalam meraih cita-cita.