Sukses Andre Surya Garap Spesial Effects Film-film Hollywood

LAZONE.ID - Namanya muncul di kredit film Iron Man 2, Transformers: Revenge of the Fallen, Terminator Salvation, dan Star Trek.

Nama Andre Surya muncul di kredit film-film box office Hollywood. Sebut saja seperti Iron Man 2, Transformers: Revenge of the Fallen, Terminator Salvation, dan Star Trek sebagai seorang yang berprofesi digital artist. Namanya juga dikenal sebagai satu-satunya digital artist yang bekerja di divisi Industrial Light and Magic (ILM), Lucasfilm Singapura. 

Pria kelahiran Jakarta tertarik dengan dunia 3Dimensi sehingga kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di Universitas Tarumanegara (Untar) selama satu tahun. Tak merasa puas belajar dan bekerja di sebuah perusahaan advertisting, ia melanjutkan studi di Kanada serta mengambil diploma di bidang Film and Spesial Effect di Vanarts, sekolah film di Vancouver. 

Andre mengatakan sebelum bekerja di Lucasfilm Amerika, ia studi ke Kanada dan menemukan hobinya di bidang digital art. Hasil kreasinya pun dapat dinikmati jutaan orang di seluruh dunia. 

"Buat saya sampai bekerja di Lucasfilm cukup panjang dan tidak mudah. Sejak wawancara pertama sampai akhirnya diterima kerja di Lucasfilm saya butuh waktu selama enam bulan," katanya. 

Awalnya, Andre sempat melakukan wawancara di Ottawa, Kanada. Kemudian, dilanjutkan lewat telepon oleh Lucasfilm Singapura dan usai wawancara kedua, dia diterima. 

Sampai sekarang, Andre sudah memenangkan beberapa penghargaan. Di antaranya adalah gambarnya yang berjudul 'Somewhere in the Sky' pernah tampil di konferensi computer graphic terbesar di Asia, CGOVERDRIVE. Gambar itu pun berhasil meraih 'Excellence Award' di buku Elemental 2 terbitan Ballistic Publishing serta Best Artwork Awards di Indocg Showoff Book, sebuah buku kumpulan CG art Indonesia. 

Gambarnya berjudul 'City of Enhasa' juga memenangkan juara satu di Future World Contest. Andre yang sekarang sudah pulang kampung, bersama dua sahabatnya mendirikan sebuah perusahaan bernama Enspire Studio dan Enspire School of Digital Art (ESDA).