Sukses Handoko Hendroyono Angkat Brand Lokal Indonesia

LAZONE.ID - Handoko sukses melahirkan produk-produk yang berkaitan dengan semangat berkoperasi. 

Dikenal sebagai produser film 'Filosofi Kopi' garapan Visinema Pictures, Handoko Hendroyono yang juga berprofesi sebagai pebisnis kini beralih haluan. Lewat komunitas Jak Do Art, Handoko bersama kawan-kawan seniman mengangkat brand lokal khas Indonesia ke arah yang lebih high-end. 

Komunitas yang sudah berdiri sejak dua tahun yang lalu mempertemukan desainer muda berbakat Tanah Air dengan pengusaha yang masuk kategori Usaha Kecil Menengah (UKM). Jak Do Art pun pernah menggelar pameran produk home living di Pondok Indah Mall, yang memajang furniture-furniture berbalut desain yang artsy dan fungsional. 

Handoko yang dikenal sebagai pakar bisnis periklanan dan creative storyteller itu menyadari setiap tahunnya, perkembangan bisnis dari luar negeri ke Indonesia makin meningkat. Banyak produk asing yang tiba ke Indonesia dan disukai masyarakat, serta membuat produk lokal tersinggirkan. Dia pun tak ingin seniman dan desainer berbakat merasa tertinggal. 

"Sayang sekali banyak karya yang keren tapi berhenti di ruang pameran. Akhirnya, muncullah semangat kolaborasi tersebut," katanya. 

Lewat kolaborasi, produk UKM khas seniman tersebut nilainya pun bertambah. Ditambah dengan desain yang diaplikasikan ke furniture serta produk juga bernilai tinggi. Sampai saat ini, Handoko mengaku sudah berpartisipasi dengan 20 seniman. 

Beberapa kreasi seperti dari Binar Lamp dan Shade pernah berkolaborasi dengan Jak Do Art. Selain itu, Jak Do Art tetap akan mengajak dan mengundang seniman, ilustrator, maupun desainer untuk berkolaborasi bersama-sama. Tak hanya lewat brand lokal saja, tapi Handoko bercita-cita untuk mengaplikasikan ke games, aplikasi mobil, merchandise, hingga kedai kopi. 

Penulis buku 'Do' ini pernah terlibat di gerakan Bung Hatta Movement atau Bung Ayo Bung, yang melahirkan produk-produk yang berkaitan dengan semangat berkoperasi.