Sukses Marsha Chikita, Kreator 'Upin Ipin' yang Eksis di Animasi

LAZONE.ID - Kembali ke Tanah Air, Chiki memutuskan untuk membangun perusahaannya sendiri.

Bermula dari kecintaannya terhadap dunia gambar menggambar, putri dari pasangan Ikang Fawzi dan Marissa Haque terjun ke dunia animasi. Perjalanannya berkarier sebagai animator, kreator lokal, maupun street artist membuatnya eksis sampai sekarang. Siapakah Marsha Chikita atau akrab disapa dengan Chiki? 

Perempuan kelahiran 28 Januari 1989 ini suka menggambar sejak kecil dan berkuliah di Universitas Multimedia, Malaysia. Demi nilai dan lulus di salah satu program mata kuliahnya, Chiki bekerja di salah satu perusahaan produksi di Malaysia, yang tempat tersebut adalah kreator bagi animasi ternama Upin Ipin. 

"Saya belajar piano, dan juga senang melukis. Sejak kecil saya sudah mau jadi seorang seniman dan mantap kuliah di seni. Saya memilih animasi karena menggabungkan seni lukis dan teknologi," ujar Chiki. 

Awalnya Chiki hanya magang selama empat bulan, lalu ditawari untuk menjadi karyawan tetap dan menggarap proyek Upin Ipin. Beberapa setting kamar Upin Ipin, dapur Kak Ros, dan karakter Susanti merupakan hasil kreasi Chiki. 

Bekerja di perusahaan tersebut selama tiga tahun, membuat Chiki berpikir untuk balik kampung dan mendirikan perusahaan sendiri. Ada misi dan visi yang ingin dijalankannya. Bernama 'Monso House', perusahaan animasi independen yang dibuat bersama lima orang rekannya, masih eksis dan berkembang hingga kini. 

Eksistensi Chiki tak hanya sebagai kreator animasi, di sela-sela kesibukannya berkarya, dia juga menerima tawaran membuat mural. Sebagai seorang street artist, Chiki punya ambisi tersendiri. 

"Aku tuh senang untu kerja sendirian dan senang bertemu dengan orang-orang baru. Ditambah kreativitas di penggarapan mural itu selalu berbeda dari animasi. Jadi tambah pengetahuan," tutup Chiki.

(Dirangkum dari berbagai sumber)