Sunny Kamengmau, Mantan Tukang Kebun yang Kini Jadi Juragan Tas

LAZONE.ID - Ijazah SMA aja enggak punya loh, tapi bisa kok jadi orang sukses

Bro, pernah dengar tas Robita enggak? yoi, tas yang dikira orang buatan Jepang itu ternyata merupakan karya Sunny Kamengmau, pria yang enggak punya ijazah SMA, asal NTT, Indonesia. Tas ini emang sangat digemari banget oleh orang-orang Jepang. Bahkan nih, tas itu dipakai oleh para sosialita di Negeri Samurai itu.

Tapi tau enggak lo? sebelum doi sukses jadi juragan tas, doi dulu adalah tukang kebun di sebuah hotel di Bali. Lalu, karena kerjanya bagus, ia dinaikkan menjadi satpam. Nah, di hotel itu, Sunny serius banget mempelajari Bahasa Inggris dan Jepang. Gaji minim yang doi dapet itu dia alokasikan untuk beli kamus, biar cepat belajar.

Sunny Kamengmau, Mantan Tukang Kebun yang Kini Jadi Juragan Tas

Singkat cerita, suatu hari Sunny bertemu dengan pebisnis Jepang. Setelah ngobrol panjang dan akrab, Sunny ditantang untuk membuat tas dan memasarkannya ke Jepang. Alhasil, dia pun menyanggupinya dan berhasil. Tapi, pada awal produksi tas Robita, enggak banyak konsumen yang membeli. Pemesanan pertama kali berasal dari Jepang dan hanya belasan yang dijual dengan omzet sebulan yang enggak menentu.

Namun, karena semangat Sunny enggak pernah padam, bisnisnya berhasil berkembang. Pada tahun 2007, produksi Tas Robita mencapai 5.000 tas setiap bulannya dan pada tahun 2009, Sunny Kamengmau bersama rekannya Nobuyuki Kakizaki merekrut setidaknya 300 orang karyawan. Suatu peningkatan usaha yang cukup signifikan karena pada saat awal mereka mendirikan bisnis Tas Robita pada tahun 2003, mereka hanya memiliki 20 karyawan doang!

Jadi bro, sebenarnya kesimpulan yang bisa kita ambil dalam kisah Sunny ini ialah konsisten dan kerja keras. Kalo semua itu lo tekuni secara serius, gue jamin deh lo bakal sukses. Mau lo lulusan apapun, semua orang bisa jadi orang yang sukses asal enggak gampang nyerah kaya si Sunny ini.