'Taklukkan' Singapura Dengan Jazz

LAZONE.ID - Ada banyak jalan menuju ketenaran di negeri tetangga. Nathaniel Hartono atau lebih dikenal di Singapura sebagai Nathan Hartono, 'menaklukkan' Negeri Singa itu dengan musik.

Ada banyak jalan menuju ketenaran di negeri tetangga. Nathaniel Hartono atau lebih dikenal di Singapura sebagai Nathan Hartono, 'menaklukkan' Negeri Singa itu dengan musik. Penyanyi jazz berusia 24 tahun yang memulai karier dari Singapore Teenage Icon Singing Competition beberapa tahun lalu.

Kemudian ia merilis album perdana berjudul Let Me Sing pada tahun 2006. Sesuai dengan karakter suaranya, album bernuansa jazzy ini selama dua minggu merajai penjualan album lagu di Singapura. Enam tahun kemudian, ia mengubah gaya bernyanyinya menjadi folk yang dituangkan dalam satu album berisi lima lagu.

Dari Singapura, pada tahun 2015 ia balik ke Indonesia dan ikutan manggung di Java Jazz Festival. Nathan membawakan lagu Pasti Ada Jawabnya yang digubah komposer kenamaan Andi Riyanto yang juga ikut membidani satu single Nathan lainnya, Terlanjur Sayang.

Nathan bilang, ini pertama kalinya dia berkarier di negeri kita dan memang berencana pulang kampung asal ortunya. "Saat ini saya fokus di musik, tapi nggak menampik kemungkinan kalau bisa berkarier di luar musik. Setelah single pertama, semoga segera muncul, single kedua saya," ucap cowok yang terus belajar agar bahasa Indonesia-nya berartikulasi sempurna.