Tapio Hakanen, Musik Adalah Bahasa Dunia

LAZONE.ID - Salah satu DJ top Skandinavia selama lebih dari 10 tahun ini. Ia telah dua kali terpilih sebagai 'The Most Popular Nordic DJ' dan terpilih lima kali sebagai 'DJ Terbaik' di Finlandia Club Aw

Pengin menjangkau semua orang di dunia dengan satu bahasa? Tapio Hakanen atau lebih dikenal dengan DJ Orkidea, melakukannya bro, dengan musik. Bagi seniman musik elektronik kondang asal Finlandia ini musik adalah bahasa internasional.

Meski begitu tiap daerah punya warna uniknya tersendiri, tidak sama di setiap wilayahnya. Misalnya masyarakat India, Cina dan Afrika Selatan memiliki keragaman musik yang sangat kaya dengan budaya dan warisan leluhurnya. Prinsip ini yang dipegangnya saat merancang nada dering yang catchy di kuping loe untuk Nokia, “Nokia menyesuaikan dengan nada dering dengan kelokalan suara daerah.

Saat ini, Hakanen adalah head design Nokia untuk suara dan tim konten visual yang bertanggung jawab terhadap konten digital. Seperti nada dering, trek musik preloaded, wallpaper dan video yang dimuat di semua perangkat Nokia.

DJ yang biasa disapa dengan Orkidea ini merupakan salah satu DJ top Skandinavia selama lebih dari 10 tahun ini. Ia telah dua kali terpilih sebagai 'The Most Popular Nordic DJ' dan terpilih lima kali sebagai 'DJ Terbaik' di Finlandia Club Awards.

Track hasil karyanya juga pernah hits pada 2005 di Finlandia dan menjadi soundtrack film Finlandia Hymypoika. Selain itu, hasil karyanya Orkidea juga dipakai label trance besar seperti Anjunabeats atau Hooj Choons dan untuk artis seperti Tiësto, Tilt, dan Way Out West.