Tembus Hollywood Lewat Bisnis Bling Bling

LAZONE.ID - Bro, loe boleh nggak suka aksesori bling-bling. Tapi percayalah, dunia ini bisa jadi jalan sukses kalau ditekuni dengan gigih.

Bro, loe boleh nggak suka aksesori bling-bling. Tapi percayalah, dunia ini bisa jadi jalan sukses kalau ditekuni dengan gigih. Seperti dilakukan Laban Roomes, pebisnis aksesori lapis emas dengan langganan kelas atas. Mulai Rihanna, Denzel Washington sampai Sultan Brunei. Fiuuh, silakan bersiul kagum.

Pesanan mereka enggak cuma perhiasan bro. Sultan mesen toilet lapis emas, Rihanna pengin mikrofon lapis emas, sementara aktor seperti Denzel biasanya doyan dengan smartphone dengan cover emas 24 karat. Luar biasa kan!

Tapi, memang Laban enggak langsung menclok ke puncak suksesnya sekarang. Ia mengawali usahanya sebagai tukang sepuh emas yang dia lakukan door to door di East London. Idenya waktu itu juga enggak muluk-muluk "Lihat ada pelat nomor mobil dilapis emas, kok kayaknya keren ya. Jadinya gue mikir, ini peluang deh.”

Ia memulai usaha dengan modal duit pas-pasan, tapi semangat maksimal. “Pakai duit yang seadanya, gue ngedesain mesin sepuh portable buat pelat mobil, kamar mandi, perhiasan dan segala macem. Terus alat ini guwe panggul dan mulailah guwe pasarin dengan mengetuk pintu," kata cowok 44 tahun ini.

Berbekal keandalannya nyepuh emas, saat perusahaan otomotif Toyota ngadain konvensi, dia demo bikin pelat emas buat produk eksklusif Lexus. Sesudah itu, dia diundang ke Los Angeles, Amrik, buat ngedesain 55 ponsel sepuh emas untuk hadiah para pemenang Emmy Awards.

Sesudah itu Laban ikutan reality show yang ngetop banget di Inggris, Dragons' Den. Ini semacam saringan buat pengusaha kecil dan menengah yang pengin dapat suntikan dana. Caranya ya kudu presentasi dan meyakinkan panelis, termasuk kapan sekiranya bisa kembali modal. Dan Laban memenangkan nilai investasi 60 juta Poundsterling atau sekitar 12 miliar Rupiah.

Sesudah itulah, perusahaan sepuhnya yang dikasih nama Goldgenie meroket. Laban kerjasama dengan Apple buat casing emas iPhone. Harga iPhone sepuh emas dan berhias permata nggak kurang dari Rp 96 juta. Lalu Apple Watches mencapai 120 ribu Poundsterling setelah disepuh dan didandani permata. Proyek lainnya, sepuh emas buat sepeda, dengan harga mencapai 250 ribu Poundsterling. Gokil!