Tentang Mimpi Sederhana Kikuo Ibe

LAZONE.ID - Sang pencetus jam tangan G-Shock

Sebagian orang mungkin gak begitu familiar ketika mendengar nama Kikuo Ibe. Tapi lo semua pasti gak bakalan asing kalau mendengar nama G-Shock. Yap, beliau adalah mastermind yang ada di balik brand jam tangan dengan branding tahan bantingnya ini. Mungkin salah satu dari lo juga sekarang lagi baca tulisan ini dengan jam tangan G-Shock melekat di pergelangan tangan.

Brand G-Shock sendiri hadir sejak tahun 1983 itu jadi salah satu brand jam tangan terbesar di dunia. Alasannya simple, selain tahan banting, jam tangan G-Shock juga bisa digunakan oleh segala kalangan. Mulai dari yang tampil casual, sporty, dan berkegiatan outdoor semua bisa menggunakannya. Karena kesuksesannya dengan brand jam tangan satu ini, Kikuo Ibe pun dijuluki ‘Father Of G-Shock’.

Tapi pernah kepikiran gak sih Bro gimana brand satu ini bisa tumbuh dan berkembang serta dikenal dengan trademark mereka saat ini? Ternyata semuanya bermula dari mimpi sederhana yang Ibe-san rasakan di awal tahun 80an.


Saat itu, Kikuo Ibe yang belum genap berusia 30 tahun menerima hadiah dari sang ayah berupa sebuah jam tangan. Tentu saja dirinya sangat senang dengan hal itu. Tapi, ternyata kesenangan tersebut gak bertahan lama. Jam tangan pemberian ayahnya itu rusak setelah terjatuh gak lama setelah dirinya menerima benda tersebut sebagai hadiah.

Dengan hati yang patah, Ibe bertekad membuat sebuah jam tangan yang tahan banting. Berangkat dari pengalamannya tersebut, percobaan demi percobaan terus dilakukannya.

Kikuo Ibe mengaku sempat hampir menyerah ketika dirinya udah melakukan ratusan kali percobaan untuk membuat jam tangan impiannya itu.

Ternyata emang gak mudah buat meraih mimpi yang sebenarnya kelihatan sederhana dan berangkat dari rasa kesalnya terhadap sebuah jam tangan rusak.


Tapi tentu aja sebagaimana orang sukses lainnya, Ibe-san tidak menyerah dengan tujuan awalnya untuk membuat sebuah jam tangan tahan banting. Butuh lebih dari dua tahun dan lebih dari 200 percobaan sebelum akhirnya Ibe merilis seri G-Shock pertama, yaitu DW-500 pada tahun 1983.

Tanpa banyak diketahui orang, Kikuo Ibe saat itu mengembangkan G-Shock di sebuah daerah di kawasan Hamura, Jepang. Sekarang gedung di kawasan Hamura yang jadi lokasi dirinya mengembangkan G-Shock berkembang jadi sebuah pusat riset untuk brand ini.

Inspirasi untuk menyempurnakan jam tersebut datang dari sumber yang tak terduga, yaitu dari sebuah biola dengan hollowcase yang membuat biola tersebut terlindungi ketika dipantul-pantulkan oleh yang membawanya. Ia pun mendapat ide untuk menerapkan konsep yang sama pada jam tangan buatannya. 

Dirinya pun mendesain bracket hollow case dan bantalan pengaman sebagai pelindung bagi mesin G-Shock. Nah bantalan penyangga ini yang bikin mesin G-Shock seperti melayang di dalam casing tersebut.

Hingga sekarang Ibe udah mendesain dan mengembangkan ribuan warna dan model untuk G-Shock. Mungkin bisa dibilang brand ini adalah yang paling versatile selain dalam segi kekuatan, juga dalam pilihan untuk digunakan saat menunjang gaya.

Kikuo Ibe sendiri punya motto hidup “Never give up! Never give up! Never give up!”. Sesuatu yang layak ditiru kalau lo punya mimpi.

Ngomong-ngomong soal G-Shock nih Bro, lo tau gak bahwa Bandung Sneaker Season lagi ngadain giveaway satu unit G-Shock Warrior buat lo yang beruntung? Gak cuma G-Shock Warrior, ada juga sepasang Air Jordan 1 Fearless.

Mau? Gampang banget! Lo bisa follow akun Instagram @lazone.id dan @bandungsneakerseason. Udah itu, upload foto yang nunjukin gaya sesuai tema “What’s on your feet?” dengan disertai caption menarik. Udah itu jangan lupa buat ajak tiga orang temen lo supaya ikutan. Makin rame, makin seru!

Siapa tau salah satu dari lo ada yang dapet hadiahnya kan?

Selain giveaway tadi, Bandung Sneaker Season 2020 ini juga ngadain raffle buat empat model sneaker yang eksklusif dan keren abis. 

Ada Travis Scott x Air Force 1, Travis Scott x Air Jordan 1, Air Jordan 1 Fearless dan Nike SB Dunk Low x Off White Red yang disertakan dalam raffle kali ini. Penasaran kan? Makanya jangan sampe kelewatan dan pantengin terus event online Bandung Sneaker Season di website, channel YouTube, dan juga akun Instagram BSS 18 September - 17 Oktober ini Bro!