Wanita Cantik Ini Raih Rp 5,3 Miliar karena Teori Einstein

LAZONE.ID - Walaupun menang uang tunai miliaran, wanita ini enggak lupa diri

Beberapa orang pasti tau tentang teori gravitasi kuantum, termodinamika bahkan relativitas. Tapi ini, enggak bisa dipungkiri biasanya teori-teori yang masuk dalam cabang ilmu fisika itu sering banget dihindari karena susah banget untuk memahaminya.

Namun, hal itu tak ngaruh bagi Hillary Diane Andales. Doi malah berhasil menyederhanakan Teori Relativitas Einstein agar lebih gampang dipahami. Gadis asal Filipina ini buat sebuah video singkat yang menjelaskan tentang Teori Relativitas.

Wanita Cantik Ini Raih Rp 5,3 Miliar karena Teori Einstein

Hillary mampu menyederhanakan teori itu dengan berbagai animasi dan penjelasan yang gampang untuk dipahami. Hasilnya, doi berhasil memenangkan The Breakthrough Junior Challenge 2017 dan mendapat hadiah dengan total Rp 5,3 miliar, Rp 3,3 miliar diberikan dalam bentuk beasiswa.

Jadi, The Breakthrough Prize itu kaya semacam penghargaan Oscars, tapi ini bedanya di bidang ilmu pengetahuan gitu bro. Dan ternyata, ini bukan pertama kalinya Hillary ikut ajang The Breakthrough Junior Challenge. Di tahun 2016 ia mengikuti ajang yang sama dan meraih prestasi dengan memenangkan vote terbanyak. Namun di tahun 2017, Hillary berhasil mengalahkan 11.000 kompetitor lainnya dan menjadi juara umum.

Walaupun menang uang tunai sebesar Rp 2 miliar, Hilary enggak lupa diri. Doi memberi uang Rp 674 juta kepada guru sains yang telah menginspirasinya, sedangkan sisanya ia sumbangin ke laboratorium riset negara.

Dalam video berdurasi 3 menit itu, Hillary menjelaskan secara singkat kalo penerimaan waktu bagi tiap orang bisa berbeda-beda, semuanya tergantung bagaimana dan darimana seseorang mengamatinya. Ia pun memulainya dari penjelasan mengenai gelombang suara, yakni suara klakson mobil. Biar lebih jelas, lo bisa liat videonya di bawah ini ya.