Yasik Smirnoff, Move On Keliling Dunia

LAZONE.ID - Menginjakkan kaki di 107 negara, di usia 21 tahun! Nah loe, iri kan?

Menginjakkan kaki di 107 negara, di usia 21 tahun! Nah loe, iri kan?

Silakan ngiri sama cowok gokil asal Rusia ini. Namanya Yasik Smirnoff, iya sama kayak Vodka terkenal itu, tapi nggak ada hubungannya. Umur 21 tahun, dan sudah menginjakkan kaki di 107 negara.

Tapi, kalau loe tahu latar belakangnya, yang ada bukan rasa iri. Tapi jadi paham kalau keberuntungan keliling dunia nggak datang tiba-tiba. Yasik sudah pisah dari ortunya di Siberia sejak umur 15 tahun buat melanjutkan sekolah. Tiga tahun kemudian bikin bisnis sendiri di Hongkong dan nikah sama pacarnya. Dasar masih muda, di umur 18 tahun itu dia cerai dan dapat inspirasi, ‘mendingan keliling dunia buat move on’.

Hasilnya, di umur 21 tahun atau empat tahun move on itu, Yasik sudah mendatangi 107 negara. Dua tahun dari total perjalanan ini dia habiskan buat tinggal dengan suku-suku asli serta tradisional. "Karena pada dasarnya, travelling itu bukan cuma pindah berdasar lokasi geografis," katanya. "Tapi mencoba jadi orang lokal. Dan itu artinya guwe adalah seorang suku Maasai di Afrika, biksu di Tibet. Ya gitu lah."

Nekatnya lagi, dia cuma pegang sedikit duit. Nggak pakai telepon, tenda atau sleeping bag selama solo travelling. Tapi ngeliat foto-fotonya yang serba lengkap di mana pun dia berada, plus disertai copyright namanya agak geli juga. "Ini karena sebenarnya loe nggak pernah sendirian. Loe punya diri loe sendiri, ada Tuhan dan tentu saja ketemu banyak orang di jalan. Sukses terbesar dalam hidup gue adalah punya teman lebih dari 80 negara!"

Untuk membiayai hidupnya, Yasik nggak jarang ikutan program relawan dan jadi tenaga bayaran proyek penelitian. Seperti ikutan team penelitian gunung api ke Pacaya Volcano, atau bantu-bantu di shelter AIDS untuk ibu dan anak. Pekerjaan serabutan juga diembat, seperti jadi tukang anyam barang kerajinan di Guatemala. Beneran kerja keras dan bersenang-senang jadi menu utamanya. Lo sanggup?