5 Bangkai Kapal Yang Menjadi Surga Para Penyelam

LAZONE.ID - Menyelam di antara puing-puing kapal karam mungkin bisa menjadi alternatif liburan yang keren dan berkesan

Orang mungkin udah bosen dengan liburan yang biasa seperti taman bermain. Beberapa orang lebih memilih untuk menghabiskan waktu liburan mereka di tempat-tempat yang unik. Salah satu wisata unik yang boleh banget dicoba adalah menyelam di bangkai kapal karam.

Ada beberapa kapal yang emang di jadikan wisata serta diperlihara bahkan oleh UNESCO. Namun ada pula yang dibiarkan begitu aja, sehingga kemudian banyak orang berinisiatif untuk mencoba menyelaminya. Berikut adalah daftar bangkai kapal yang bisa untuk diselami.

World Discoverer

Kapal pesiar yang dibuat pada tahun 1974 ini emang dibuat untuk perjalanan jauh hingga ke daerah kutub Antartika. Desain kuat dengan lambung ganda membuat kapal ini mampu menerjang bebatuan es antartika. Namun karena suatu hal akhirnya kapan ini karam pada tanggal 30 April 2000. Dan akhirnya kapal ini diarahkan ke Teluk Roderick dan dibiarkan di tempat tersebut.

Mediterranean Sky

Awalnya, kapal ini di beri nama City of York, sebab kapal ini dibangun di Newcastle Inggris. Kapal ini mulai beroperasi pada tahun 1953 hingga tahun 1971 dan kemudian dijual kepada suatu perusahaan, dan kemudian kapal ini dinamai ulang dengan nama Mediterranean Sky. Karena keuangan perusahaan yang sedang lemah maka akhirnya pada tahun 1997 kapal ini berhenti beroperasi. Kapal tersebut kemudian ditarik menuju ke Teluk Eleusu di Yunani.

MV Captayannis

Kapal MV Captayannis adalah kapal pengangkut gula yang berasal dari Yunani. Namun pada tahun 1974 kapal tersebut tenggelam karena bertabrakan dengan kapal tangker akibat badai parah yang melanda kota Skotlandia. Sebelum tenggelam secara keseluruhan, maka kapal tersebut diarahkan ke tempat yang lebih dangkal. Namun keesokan harinya kapal tersebut berguling dan sebagian badannya tenggelam.

SS Amerika

Kapal ini dibuat pada tahun 1940, dan setelah beroperasi sekian lama, kemudian kapal ini dijual untuk dijadikan hotel pada tahun 1993. Kemudian kapal ini ditarik dari Yunani menuju Atlantik, namun pada perjalanannya kapal ini tenggelam bersama kapal penariknya dikarenakan badai. Dan kemudian kapal ini dibiarkan begitu saja. Namun pada tanggal 18 Januari, ternyata kapal ini berada di Kepulauan Canary karena tertarik ombak. Hingga saat ini kapal ini dibiarkan di tempat ini dan hampir keseluruhan badannya sudah mulai tenggelam.

Dimitrios

Kapal ini merupakan kapal kargo yang dibuat pada tahun 1950. Dimitrios tenggelam di daerah pantai di dekat yunani. Tidak ada sebab yang jelas mengenai penyebab kapal ini tenggelam. Namun ada yang menyebutkan jika kapal ini digunakan untuk menyelundupkan rokok dari Turki ke Italia. Dan untuk menghilangkan jejak dan barang bukti kemudian kapal ini sengaja ditenggelamkan.

Mau coba menyelam di kapal-kapal tersebut?