5 Dive Spot Terbaik di Asia

LAZONE.ID - Menyelam menjadi kegiatan yang menyenangkan, apalagi jika tempat yang dikunjungi adalah salah satu yang terbaik.

Menyelam jadi olahraga dan hobi yang unik. Ada kepuasan tersendiri ketika bisa menikmati ikan dan habitatnya di tempat asli seharusnya mereka berada. Apalagi ketika spot yang didatangi juga sangat indah dan masih terjaga keasriannya.

Kamu penyuka olahraga air ini? Berikut adalah beberapa spot menyelam yang harus kamu kunjungi.

Pulau Sipadan, Malaysia

Pulau ini jadi satu-satunya pulau sandera yang ada di Malaysia. Pulau ini juga pernah jadi bahan perselisihan antara Indonesia dan Malaysia. Nggak heran memang jika pulau ini jadi rebutan, Sipadan jadi salah satu spot menyelam terbaik di dunia. Selain itu keindahan alamnya juga luar biasa. Terbukti banyak ditangkap pencuri karang yang beroperasi di sekitar garis pantai.

Pulau Derawan, Kalimantan Timur, Indonesia

Pernah mendengar spesies ubur-ubur stingless? spesies ubur ini adalah salah satu jenis fauna yang ada di kepulauan Derawan. Kepulauan ini punya 4 pulau besar yang berpenghuni dan 2 yang tak berpenghuni. Semuanya berada di lepas pantai timur Kalimantan.

Raja Ampat, Indonesia

Berada di bagian ujung barat laut Papua Barat. Raja Ampat punya kekayaan alam dan karang tertinggi. Menurut The Nature Conservancy, secara total tempat ini punya 537 karang dan 1074 jenis spesies ikan.

Tulamben Bali, Indonesia

Tulamben merupakan sebuah desa nelayan kecil yang berada di Pulau Dewata Bali. Merupakan salah satu spot menyelam terpopuler di Bali. Sehari saja bakal ada sekitar 100 orang penyelam yang berkunjung Tulamben. Uniknya, rumah berbagai jenis ikan di sini terbentuk karena sebuah kecelakaan yang terjadi saat Perang Dunia II.

Pulau Kerama Okinawa, Jepang

Spot ini sangat terlindungi karena masyarakatnya sangat menjaga ekosistem laut maupun pariwisata yang ada di sana. Sotong jadi salah satu spesies yang bisa kamu temukan di sekitar pulau. Selain itu, juga ada berbagai moluska, paus bungkuk, dan pari mata.

Empat dari lima spot menyelam terindah ada di negeri ini. Jadi, masih ada alasan untuk nggak bangga jadi orang Indonesia?