5 Lokasi Tubing Paling Keren di Indonesia

LAZONE.ID - Buat yang pengen aktivitas menguras adrenalin yang lain daripada yang lain, mungkin sudah saatnya mencoba olahraga Tubing.

Buat yang pengen aktivitas menguras adrenalin yang lain daripada yang lain, mungkin sudah saatnya mencoba olahraga Tubing. Tubing, atau bisa juga disebut Body Rafting, adalah olahraga menaklukan jeram.

Sama seperti Rafting dengan perahu karet, bedanya Tubing adalah melintasi jeram-jeram sungai dengan menaiki ban karet. Biasanya olahraga tubing dilakukan di sungai-sungai dengan jeram menengah agar tidak membahayakan keselamatan para penikmat olahraga ini.

Di Indonesia ada beberapa spot tubing yang oke buat loe coba, Bro. Mulai dari sungai biasa hingga yang melintasi goa-goa. Berikut adalah lima spot Tubing terbaik di Indonesia.

Sungai Amprong
Sungai Amprong berada di lereng Gunung Semeru. Karena berada di lereng gunung, nggak heran kalau arusnya cocok untuk olahraga Tubing, salah satunya adalah di Desa Wringinanom. Dengan dukungan Perhutani dan Pemerintah Kabupaten Malang, Wisata Tubing Wringinanom ini kini menjadi salah satu andalan pariwisata di Kabupaten Malang.

Sungai Elo
Buat yang lagi di Magelang, Jawa Tengah dan ingin berbasah basah ria, langsung saja lakukan Tubing di sungai Elo. Di sisi sisi sungai loe akan disambut oleh pemandangan sawah dan ladang kopi yang bakal bikin hati jadi adem di tengah ketegangan mengarungi jeram. Lama perjalanan Tubing sekitar 3 jam dan sudah diatur supaya aman buat para pengunjung, Bro.

Kalisuci
Di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Gunungkidul, ada satu tempat tubing yang super asik, Bro. Yaitu Tubing dengan melintasi goa-goa, Bro. Daerah Gunungkidul memang dikenal sebagai daerah perbukitan yang memisahkan pesisir selatan dengan kota Yogyakarta. Walaupun tandus di musim kemarau, Gunungkidul memang menyimpan potensi wisata yang sangat besar. Salah satunya adalah Tubing di Kalisuci tersebut. Dan aktivitas Tubing di goa tersebut adalah salah satu dari tiga di dunia, yaitu di Meksiko dan Selandia Baru. Penasaran?

Sungai Konto
Sungai Konto berada di Kecamatan Pujon, yang jaraknya hanya beberapa jam dari Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Karena berada di daerah pegunungan, nggak heran kalau arus sungai lumayan deras. Ini bakal jadi tantangan yang lumayan berat untuk ber-Tubing. Tetap waspada, Bro.

Sungai Pekalen
Masih di Jawa Timur, tepatnya di dekat Kota Probolinggo, ada sungai yang sangat tepat untuk melakukan Tubing, yaitu di Sungai Pekalen. Sebelumnya tempat ini lebih dikenal sebagai tempat Rafting. Tapi dengan semakin populernya Tubing, pengelola setempat pun memberi kesempatan buat para penggemar Body Rafting untuk merasakan derasnya Sungai Pekalen dengan ban karet.

Catat dan masukkan kelima tempat tersebut sebagai tempat berolahraga Tubing. Dimulai yang paling dekat dulu dari lokasi loe. Rasakan asiknya melawan jeram bareng ban karet yang bakal memancing adrenalin, Bro.