5 Perpustakaan Unik di Dunia

LAZONE.ID - Pergi berkunjung ke perpustakaan unik berikut, nggak bakal membuat kamu bosan.

Perpustakaan dalam ingatan dikenal sebagai tempat yang suram dan membosankan. Oleh karena itu, banyak pihak yang membuat inovasi menarik biar minat baca di perpustakaan kembali meningkat.  Masih suka baca buku kan?

Beberapa perpustakaan unik di dunia ini bakal bikin pengalaman membacamu akan semakin menyenangkan.

Perpustakaan keledai Biblioburro, Kolombia

Biblioburro adalah perpustakaan keliling yang mendistribusikan buku-buku untuk pelanggan dari punggung dua keledai , Alfa dan Beto. Konsep ini digagas oleh Luis Soriano, seorang guru sekolah dasar di La Gloria, Kolombia.

Mesin peminjaman buku otomatis, Amerika Serikat

Di Amerika Serikat konsep peminjaman buku melalui mesin serupa mesin penjual rokok atau soft drink otomatis sudah ada sejak tahun 1930-an. Dan dalam beberapa tahun terakhir semakin banyak perpustakaan yang memanfaatkan mesin seperti ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses buku bacaan.

Perpustakaan dalam perahu, Norwegia

Perpustakaan yang berada dalam perahu bernama Epos ini  merupakan perpustakaan pertama yang mengapung. Dimulai pada tahun 1959, didanai oleh perpustakaan umum di 3 daerah. Kapal ini memiliki koleksi sekitar 6.000 buku.

Perpustakaan unta, Kenya

Program ini dirintis oleh Kenya National Library Service pada tahun 1985 untuk menanggulangi tingkat buta huruf di kalangan warga Kenya yang hidup secara nomaden. Sejauh ini program tersebut sudah melayani antara 5.000 hingga 6.000 pelanggan.

Perpustakaan mikro Little Free Library, AS

Little Free Library mulai dirancang oleh Todd Bol sebagai penghargaan untuk mengenang ibunya, Ibu Todd adalah seorang guru yang mencintai buku dan mendorong orang untuk membaca buku.  Kini, Little free library dapat ditemukan di lebih dari 20 negara di dunia.