5 Sungai Paling Pendek di Dunia, Ada yang Dari Indonesia!

LAZONE.ID - Keren banget, Bro.

Bro, ketika lo lagi ngomongin sungai, biasanya apa yang lo bayangkan? Banyak dari lo yang pasti langsung terbayang aliran air yang mengalir dengan jarak yang cukup jauh atau punya aliran yang panjang.

Hal tersebut gak berlaku untuk beberapa sungai ini, Bro. 

 

  1. Sungai Tamborasi (Indonesia)

Sungai Tamborasi ini terdapat di Pulau Sulawesi, Bro. Panjang dari sungai ini cuma 20 meter. Air yang tampak seperti genangan di pinggir pantai ini sebenarnya memiliki arus yang terus menerus mengalir. 

Hal tersebut menjadikan Tamborasi bukan sekedar danau kecil.

 

2. Sungai Reprua (Georgia)

Sungai Reprua ini terdapat di negara Georgia. Mengalir hanya sepanjang 27 meter, sungai ini punya hulu dari bawah batu karang pantai tersebut dan langsung bermuara di laut yang ada di hadapannya.

 

3. Sungai Roe (Amerika Serikat)

Sungai ini punya hulu di Giant Springs, Montana, Amerika Serikat. Mengalir cuma sejauh 61 meter, sungai ini bermuara di sungai yang lebih besar yaitu Sungai Missouri. Walaupun panjangnya cuma 61 meter, kedalamannya lumayan loh, Bro. 

Titik paling dalam sungai ini melebihi ketinggian rata-rata orang dewasa yaitu 2,4 meter, Bro!

 

4. Los Patos (Rep. Dominika)

Sungai Los Patos atau yang kalau diartikan secara harfiah adalah bebek ini terletak di negara kecil di Kepulauan Karibia. Sama seperti sungai Roe, pantai ini mengalir cuma sepanjang 61 meter.

Ternyata, nama bebek di sungai ini berasal dari keadaan lingkungan tersebut, Bro. Sekitar sungai Los Patos menjadi salah satu habitat Bebek Musk.

 

5. Sungai ā€œDā€ (Amerika Serikat)

Sungai yang namanya unik ini sangat merepresentasikan keadaan fisiknya. Namanya yang singkat ini juga senada dengan panjang sungai ini yang cuma 130 meter.

Sungai yang terletak di Lincoln City di Oregon, AS ini punya hulu di Danau Setan dan bermuara langsung di Samudera Pasifik.

Apakah lo pernah mengunjungi salah satunya, Bro?