5 Sungai Terbaik Jajal Keberanian Untuk Rafting

LAZONE.ID - Ini merupakan sungai terbaik yang loe layak untuk eksplore.

Indonesia punya kontur alam yang berliku, setiap pulaunya selalu memiliki pegunungan tinggi yang bermuara ke air laut. Nggak heran kalau di beberapa daerah di Indonesia punya spot arung jeram terbaik, memanfaatkan turunan sungai, dari gunung ke dataran yang lebih rendah.

Selain itu, sungai-sungai di Indonesia juga dihiasi dengan bebatuan beraneka ukuran, hasil dari letusan gunung di masa lampau. Ini yang bikin arung jeram di sungai-sungai Indonesia begitu seru, Bro, belum lagi pemandangan hutan lebat di kiri kanan.

Berikut adalah spot-spot arung jeram terbaik di Indonesia:

Sungai Alas
Sungai Alas berada di dalam Taman Nasional Gunung Leuser, Nangroe Aceh Darussalam dan punya jeram yang menantang untuk ditaklukkan. Nggak hanya arusnya saja, tapi kelokan kelokannya juga menuntut konsentrasi penuh dari para penakluknya. Yang pasti, kalau loe ber-arung jeram di sini, dibutuhkan stamina, nyali, dan kewaspadaan tinggi, Bro.

Sungai Citarik
Kalau berkunjung ke Jawa Barat, pastikan loe mampir ke Sungai Citarik, yang terletak di Taman Nasional Gunung Halimun, Cikadang, Sukabumi, Jawa Barat, untuk menaklukkan jeram-jeram di sungainya. Seperti kebanyakan sungai di Indonesia, arus Sungai Citarik cukup menantang, karena aliran yang sangat kuat. Di sini, loe juga akan menemukan beberapa air terjun yang menjadi hiasan di sepanjang perjalanan.

Sungai Elo
Beralih ke Jawa Tengah. Di sini loe akan menemukan Sungai Elo, tepatnya di daerah Magelang. Walaupun disebut-sebut cocok untuk pemula, tapi loe tetap harus berwaspada karena di beberapa titik terdapat arus yang cukup bikin loe berteriak teriak saking derasnya.

Sungai Lamandau
Menyeberangi lautan menuju Kalimantan Tengah, loe akan merasakan asiknya berarung jeram di alam yang masih sangat alami di Sungai Lamandau, Bro. Selain arus yang deras, sungainya besar dan panjang. Sungai yang berada di Desa Riam Tinggi ini bakal memberikan nuansa yang nggak akan loe temukan di lokasi-lokasi arung jeram lainnya, yaitu pepohonan tinggi nan lebat. Bikin loe serasa berada di dimensi lain.

Sungai Nimanga
Buat yang lagi berada di Sulawesi Utara, sempatkan diri buat menaklukkan Sungai Nimangan di Desa Timbukar, Minahasa. Di sini, loe akan menemukan sungai dengan lima tingkatan jeram. Bahkan, ada jeram setinggi 4 meter yang bakal menghajar loe tanpa ampun, Bro. Jarak tempuhnya juga sangat panjang. Sekitar 5 jam perjalanan mengarungi sungai. Belum lagi kalau ketemu dengan satwa liar asli Sulawesi, seperti monyet Macaca Nigra dan Tarsius.

Itulah beberapa sungai di Indonesia yang bakal memberikan pengalaman baru dalam ber-arung jeram, Bro. Lumayan lah, buat nambah pengetahuan sekaligus bisa dicatat sebagai salah satu agenda liburan nanti. Biar pengalaman arung jeram loe nggak di situ-situ saja.