Ada-ada Aja Nih, Festival Mengejar Keju di Inggris

LAZONE.ID - Cheese Rolling Festival alias festival mengejar keju sangat terkenal di Inggris. Di medan yang menurun, orang-orang bakal berlomba-lomba menangkap keju yang bundar.

Cheese Rolling Festival berlangsung di Kota Gloucester, Inggris saat musim panas. Ratusan orang akan datang dan turut serta dalam festival yang umurnya ratusan tahun ini, seolah udah jadi tradisi. Kota Gloucester sebagai tuan rumah festival unik ini, memang memiliki afiliasi dengan Kota Gouda di Belanda, tempat asal keju Gouda pertama kali dibuat. Sejak tahun 1972, kedua kota ini ditetapkan sebagai kota kembar, atau sister city.

Saat festivalnya dimulai peserta mendaki Bukit Cooper yang terhampar setinggi 90 meter lebih, dengan kemiringan hampir 30 derajat. Lalu dari atas bukit, keju Gouda seberat 3-4 kg pun digelindingkan, bersamaan dengan aba-aba start untuk para peserta dimulai.

Para peserta pun berlari menuruni bukit untuk mengejar keju yang menggelinding tersebut. Siapa yang paling cepat menuruni bukit, akan mendapatkan hadiah berupa keju gouda yang digelindingkan tadi. Total ada 4 kategori perlombaan dalam festival ini, untuk pria, wanita, anak-anak, dan campuran.

Kelihatannya mudah tapi ternyata nggak. Keju yang digelindingkan itu bisa mencapai kecepatan hingga 112 km/jam, wow! Beruntung nggak pernah ada yang luka parah dan tim medis udah disiapkan. Tradisi ini sudah berlangsung sejak awal abad ke-15, turun temurun dari kaum Pagan nenek moyang bangsa Inggris. Namun kini, festival keju menggelinding ini jadi atraksi wisata.