Ada-ada Saja Sih, Museum Ribuan Helai Rambut Wanita

LAZONE.ID - Ini ngeri atau unik ya, masuk ke museum yang dipenuhi ribuan helai rambut wanita. tepatnya 16 ribu helai rambut!

Avanos di Cappadocia, Turki terkenal dengan kerajinan gerabahnya yang berkualitas tinggi. Tapi ternyata di bagian gua di bawah tanahnya ada tempat yang nggak ada hubungannya sama sekali sama gerabah. Di sana ada Hair Museum, Museum Rambut.

Ribuan warna, panjang, dan jenis rambut yang berbeda-beda. Namun, semua rambut-rambut ini adalah milik kaum hawa yang pernah mengunjungi toko gerabah bernama Galip milik Chez Galip. Galip sudah membangun museum ini sejak 30 tahun lalu, ketika salah satu teman wanitanya ingin meninggalkan Avanos. Sebagai kenang-kenangan, wanita tersebut memotong sedikit bagian rambutnya.
 


Selama puluhan tahun, Galip pun berhasil mengumpulkan dan menata rambut-rambut tersebut hingga memenuhi lorong bawah tokonya. Lucunya lagi, beberapa di antaranya ada yang ia tata dalam sebuah bingkai dengan pola rambut yang beragam.

Rambut-rambutnya menjuntai dari dinding dan langit-langit. Totalnya ada 16 ribu rambut dengan aneka warna. Guna memberikan apresiasi pada pengunjung toko dan museumnya, dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember pelanggan yang datang pertama ke tokonya akan diajak ke dalam Hair Museum dan memilih sepuluh rambut. Kesepuluh pemilik rambut yang terpilih akan menerima liburan selama seminggu menikmati keindahan Cappadocia dan mendapatkan pembelajaran tentang gerabah secara gratis.

Cewek-cewek yang datang ke sini pun rela rambutnya dimuseumkan. Demi mendapat hadiah dan demi mendapat cerita, kalau rambutnya di museumkan.