Ada 'Afrika' di Banyuwangi

LAZONE.ID - Belum banyak yang tahu, Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi punya padang savana yang mirip seperti di Afrika.

Banyuwangi nggak cuma punya Kawah Ijen bro. Loe yang suka adventure, wajib datang ke Taman nasional Alas Purwo. Sekitar 3 jam dari Kota Banyuwangi, inilah Taman Nasional Alas Purwo yang punya padang savana.

Padang savana ini namanya Sadengan. Begitu masuk ke taman nasionalnya, pacu terus kendaraan loe ke dalam hutan. Sudah terdapat papan penunjuk, jadi tinggal ikuti saja. Jaraknya, kira-kira 30 menitanlah dari pintu masuknya.

Pas di Sadengan, padang savana menyambut kedatangan kita. Padang rumput yang sangat luas dan berwarna hijau dan krem. Cantik banget bro, bener-bener kayak di Afrika aja nih.



Di padang savananya itulah, merupakan habitat banteng Jawa, rusa, burung merak dan anjing hutan. Jumlahnya ada banyak banget dan bergerombol. Jika datang pagi, sekitar pukul 06.00, loe bisa melihat burung merak. Kalau siang sampai sore, kawanan banteng Jawa dan rusa ada di sana. Pas malam, jadi tempat anjing-anjing hutan.

Tapi sayang, pengunjung dilarang masuk sampai bagian tengahnya. Kita cuma bisa melihat dari pinggir, yang diberi oleh batas pagar. Tapi ada menara di sana, dan loe bisa naik untuk melihat dan memotretnya dari ketinggian.

Hal itu merupakan bentuk perlindungan satwa oleh pihak taman nasional. Nggak apa-apalah, cukup melihatnya dari dekat saja, sudah membuat kita serasa berada di Afrika...