Ada Cahaya ‘Surgawi’ di Dalam Gua Ini

LAZONE.ID - Ada cerita mistis di balik kerennya gua ini.

Siapa nih diantara lo yang merupakan petulang spesialis menyusuri gua? lo harus cobain nih ke Gua Jomblang atau Luweng Grubeg di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Karena apa? gua ini menawarkan pemandangan efek cahaya unik yang belum tentu bisa ditemukan di tempat lain.

Gua ini merupakan satu-satunya gua dengan pintu masuk cahaya atau dikenal dengan cahaya surga atau banyak yang menyebutnya sebagai cahaya surgawi.

Gua ini mempunyai mulut gua vertikal dengan jarak antara bibir gua dengan dasarnya bervariasi. Paling dalam sekitar 80 m. Untuk memasuki Gua Jomblang diperlukan kemampuan teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT).

Karena itu, buat lo yang mau caving di Gua Jomblang, wajib banget lo memakai peralatan khusus yang sesuai dengan standar keamanan caving di gua vertikal dan harus didampingi oleh penelusur gua yang sudah berpengalaman.

Kalo lo mau melihat cahaya surga, gue saranin lo datang ke Gua Jomblang sekitar pukul 10.00-13.00 WIB. Lo juga harus menyusuri lorong di dalam gua yang mengarah ke Gua Grubug. Setelah berjalan sekitar 15 menit, akan ada stalagmit besar berwarna hijau kecoklatan.

Nah, di situ biasanya lo akan melihat cahaya yang keren banget. Ditambah, kalo cuaca lagi cerah-cerahnya, sinar matahari seakan menembus kegelapan gua dengan sempurna dan tentunya menampilkan efek cahaya yang amat memesona.

Tapi bro, di balik keindahan dan keunikan gua ini, ternyata ada sejarah yang kelam loh. Jadi, katanya gua ini dipakai sebagai lokasi pembunuhan massal anggota PKI.

Menurut cerita, mereka berkelompok dijejerkan di bibir gua dengan tangan saling terikat satu dengan yang lain. Ketika salah satu ditembak sampai jatuh ke dalam gua maka anggota lainnya akan ikut terjatuh.

Selain itu ada juga cerita lainnya yakni penjelajah yang hilang setelah menyusuri gua yang masih alami ini. Pada tahun 1990-an masyarakat sekitar gua menggelar doa bersama di tempat ini. Sejak itu, tidak ada cerita atau kejadian lagi penjelajah gua yang hilang ditelan Gua Jomblang Gunung Kidul.