Ada Danau yang Mematikan di Afrika

LAZONE.ID - Di Afrika ada yang namanya Danau Natron di Tanzania. Loe tau nggak. hewan-hewan yang tercebur ke airnya akan menjadi batu!

Danau ini berada di Tanzania dengan kedalaman 3 meter. Natron adalah danau garam, airnya memiliki pH sampai 10,5, begitu kaustik hingga bisa membakar kulit dan mata hewan yang tidak bisa beradaptasi dengannya. Ditambah lagi dengan suhu airnya yang bisa mencapai 60 derajat Celcius.

Danau Natron, namanya diambil dari natron yaitu mineral natrium karbonat dekahidrat (sodium carbonate decahydrate) yang biasa digunakan orang Mesir kuno mengeringkan organ selama proses mumifikasi atau membuat mumi.

 


Kandungan mineral dalam airnya juga punya fungsi sebagai pengawet bangkai hewan malang yang tercebur lalu mati. Membuat mereka seakan dicelupkan dalam adonan semen. Maka jangan heran, kalau loe banyak menemukan burung-burung yang membatu di pinggiran danaunya!

Satu-satunya spesies hewan yang dapat bertahan hidup di bawah permukaan danau adalah alkaline tilapia (Alcolapia alcalica), ikan sejenis nila yang bisa bertahan hidup di sepanjang tepi yang airnya kurang asin. Juga sejumlah bakteri.

Loe diizinkan mendekati danaunya tapi jangan sampai berenang. Sebenanrya danaunya cantik sih, warna airnya pink gitu. Tapi bagi hewan-hewan khususnya burung, danau ini seolah menjadi neraka. Dikarenakan air danau yang sangat jernih, membuat burung-burung terkecoh dan masuk ke dalam danaunya hingga tenggelam lalu kemudian membatu.