Ada Jaring Laba-laba Raksasa di NTT

LAZONE.ID - Ada hubugannya dengan adat setempat.

Di Desa Cancar, Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, ada pemandangan persawahan yang beda dari yang lain. Jadi di desa ini ada satu pemandangan yang sangat unik yaitu pemandangan sawah besar yang berbentuk jaring laba-laba atau biasa dikenal dengan Spider Field.
 
Bentuk sawah yang menyerupai jaring laba-laba itu merupakan tradisi adat masyarakat Kabupaten Manggarai dalam hal pembagian lahan sawah dan kebun yang disebut dengan lingko. Lingko adalah tanah adat yang dimiliki bersama dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan bersama.

Jadi, tanah adat ini dibagikan pada anggota masyarakat sesuai dengan ketentuan adat yang berlaku. Nah terbentuknya sawah hingga menyerupai jaring laba-laba ini usai melalui proses pembagian oleh si ketua adat.

Pembagiannya juga sangat adil bro. Nah, besar kecil pembagian tanah itu sendiri ditentukan oleh kedudukan seseorang dalam kampung dan jumlah keluarganya. Semakin tinggi kedudukan seseorang dan semakin besar jumlah anggota keluarga, maka semakin besar tanah yang akan didapat.

Area persawahan di Cancar ini dikelilingi oleh perbukitan, jadi lo bisa melihat sawah unik itu dengan leluasa. Kalo diliat dari atas bukit, bentuk sawah jaring-jaring itu dapat dibilang mirip dengan bentuk misterius Crop Circle. Karena itu, desa ini kerap dihampiri oleh banyak wisatawan. 

Buat lo yang penasaran mau melihat sawah ini, lo bisa datang ke Desa Cancar yang berjarak 45 menit dari Ruteng, Ibu Kota Manggarai Timur. Dari sana lo bisa naik sepeda motor dengan tarif Rp 50 ribu, dan perjalanan sekitar satu jam.