Inspiring Place

Ada Tapak Kaki Raksasa di Aceh, Itu Apa Yah?

  • 16 June 2017
  • 783 views

Banyak kisah tersembunyi di balik semua itu.

LAZONE.ID -

Indonesia terkenal dengan destinasi yang unik-unik. Salah satunya seperti di Aceh Selatan, tepatnya di Kota Tapaktuan. Di sana ada tapak kaki raksasa berukuran panjang 6 meter. Jejak kaki ini menjadi populer setelah viral di media sosial.

Tapaktuan memang sebuah daerah yang dikenal memiliki banyak nilai sejarah yang sedikit dibalut dengan legenda rakyat. Jadi pada zaman dulu, ada seorang pertapa sakti bernama Syeikh Tuan Tapa yang sangat taat pada Allah.

Tapi, dalam kisah itu ada dua versi berbeda nih. Sebagian masyarakat percaya bahwa Tuan Tapa ini memiliki tubuh raksasa. Sementara yang lain meyakini, dia adalah manusia biasa dengan ukuran normal tapi punya kesaktian yang dapat merubahkan diri menjadi raksasa.

Pada suatu hari, ada dua naga raksasa dari Cina menemukan bayi perempuan hanyut di tengah laut. Akhirnya mereka  merawatnya sampai dewasa. Nah, orang tua si bayi kebetulan adalah raja dari kerajaan Asralanoka.

Mereka akhirnya tau jika putrinya masih hidup dan sedang dirawat naga. Mereka meminta putrinya kembali dan ditolak oleh sang naga. Mereka pun nekat membawa lari putrinya dan memancing kemarahan naga.

Mereka saling berkejaran di tengah laut hingga ke tempat pertapaan Tuan Tapa. Karena itu, Tuan Tapa merasa terganggu dan melompat dari gunung menuju tebing pantai. Nah, karena melontarkan diri dari gunung, maka terciptalah jejak kaki yang besar itu.

Singkat cerita, Tuan Tapa dapat mengalahkan dua naga raksasa dan tuan putri pun kembali ke pelukan keluarganya. Namun mereka tidak kembali ke kerajaan, melainkan menetap di Aceh.

Selain tapak raksasa, enggak jauh dari sana juga ada batu di tengah laut yang diyakini sebagai kopiah Tuan Tapa yang kini menjadi batu. Kopiah itu terlepas saat mereka sedang berantem. Enggak cuma itu, di sana juga ada tongkat yang juga sudah menjadi batu.

Bahkan, jarak lima kilometer dari sana ada karang berbentuk hati di Desa Batu Itam dan sisik naga di desa Batu Merah. Katanya itu adalah bekas potongan tubuh naga yang kalah bertarung.

Tempat ini juga dianggap keramat oleh warga sekitar. Percaya enggak percaya, saat terjadi Tsunami pada 2004 silam, kawasan Tapaktuan tidak terlalu hancur karena ombak tertahan dan 'terpecah' oleh karang tempat tapak kaki itu berada.

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...

Inspiring Place

Air Terjun Ini Disebut Pusatnya Para Jin!

25 August 2017 909 views share
Inspiring Place

Ada Alien di Gua Papua?

21 August 2017 916 views share
Inspiring Place

Menguak Misteri Danau Air Asin Satonda

18 August 2017 873 views share
Inspiring Place

Fakta Menarik Tentang Kawah Ijen yang Jarang Diketahui

15 August 2017 531 views share