Afrika di Tanah Jawa

LAZONE.ID - Taman Nasional di Baluran, Jawa Timur memiliki hamparan padang savana dan banyak satwa. Africa van Java!

Salah satu taman nasional yang keren di Pulau Jawa adalah Taman Nasional Baluran. Lokasinya di Jawa Timur yang mencakup area Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi. Julukannya adalah Africa van Java!

Cara ke Baluran loe bisa Surabaya dengan menyusuri pantai utara Jawa Timur ke arah timur, melewati kota Pasuruan, Probolinggo, Situbondo dan setelah Banyuputih, menuju ke selatan dan jalan terus ke timur ke desa Bilik. Sebelum Desa Wongsorejo belok ke kiri menuju Visitor Center. Dari sana cuma 15 km untuk masuk ke dalam taman nasionalnya. Atau lewat Banyuwangi rutenya Banyuwangi-Batangan dengan jarak 35 km yang dilanjutkan ke Bekol dengan waktu 45 menit atau sekitar 12 km. Dapat juga dari Situbondo-Batangan dengan jarak 60 km menggunakan mobil.



Taman Nasional Baluran luasnya 22.500 hektar. Diapit oleh tiga gunung, Baluran, Merapi dan Ijen. Padang savana membentang luas dan terlihat jelas sejauh mata memandang. Ditambah dengan latar gunung-gunung yang kokoh, loe yang datang ke sini seolah-olah sedang berada di Afrika. Di tengah-tengah padang savananya ada banteng, burung merak, rusa, dan kera yang berkeliaran bebas.

Paling enak bawa mobil karena kita dapat menyusuri padang savananya yang sangat luas. Malah, beberapa kali ada satwa yang melintas di jalur mobilnya. Hati-hati ya jangan sampai ditabrak. Siap-siap keluarin kamera buat dipotret dari dekat.

Dan juga ada beberapa destinasi lain seperti Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, Pandean atau Candi Bang yang bisa loe kunjungi.

Terakhir, di Pantai Bama adalah tempatnya untuk menyelam dan melihat keindahan terumbu karang. Jangan ngaku petualang sejati kalau belum ke Taman Nasional Baluran.