Air Terjun Cantik Tempat Gajah Mada Bersemedi

LAZONE.ID - Air terjun Madakaripura di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini diyakini tempat Gajah Mada bersemedi. Air terjunnya oke banget bro!

Air terjun Madakaripura berada di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Air terju Madakaripura punya ketinggian 200 meter. Air terjunya pun menjadi tertinggi di Pulau Jawa dan nomor 3 tertinggi di Indonesia. Airnya mengalir di celah-celah tebing, yang mana membuat wilayah di sekitarnya selalu basah, seolah sedang hujan abadi!

Mengunjungi Air terjun Madakaripura adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh para traveler yang pergi ke Jawa Timur. Madakaripura bisa dicapai dari Malang atau pun Probolinggo. Dari Probolinggo Anda bisa naik bus besar ke arah Tongas. Loe bisa bilang sama kondektur bahwa loe ingin mengunjungi air terjun tersebut dan loe akan diberhentikan di pertigaan Tongas. Setelah turun, loe harus melanjutkan perjalanan dengan angkot.

Madakaripura sendiri berarti tempat tinggal terakhir. Pengunaan nama ini diambil dari kepercayaan masyarakat sekitar yang mengatakan, bahwa patih Gajah Mada melewati masa akhir hidupnya di air terjun ini. Dia adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit.

Beberapa sumber dari tokoh masyarakat sekitar Air terjun Madakaripura, yang menceritakan bahwa patih gajah mada menghabiskan sisa hidupnya di airterjun ini setelah dicopot dati tahta mahapatih kerajaan majapahit setelah membantai ratusan orang rombongan dari Kerajaan Sunda Galuh. Di dekat air terjunnya ada patung Gajah mada lho!